3 Masalah yang Bikin Hidup Makin Berat

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :

VIVA.co.id - Mengapa hidup terasa beban? Semakin lama bekerja semakin beban terasa berat. Ada tiga alasan akar masalah hidup era modern.

Pertama, sistem kapitalisme mengajarkan sistem reward (penghargaan). Dulu tukang dayung minta ongkos seikhlasnya. Tukang semir sepatu minta ongkos seikhlasnya. Semuanya diajarkan ikhlas.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sekarang, semua berdasarkan insentif, berdasarkan reward. Kalau sudah kerja bagus mencapai target, minta reward. Sistem ini menghancurkan kehidupan.

Yang mau bekerja, "cepek dulu dong". Semuanya mengejar reward. Bagaimana kita mau mengurusi, siapa yang mau bayarin? Banyak hal mulia di dunia menjadi macet karena tidak ada cukup reward.

Alhasil, dulu ketemu teman, "mangan ora mangan sing penting kumpul". Sekarang, "Wah aku cek jadwal dulu, memang keperluannya apa?"

Kalau kita melakukan sesuatu tanpa reward, juga tidak masalah. Misalnya saya menulis kolom tentang kemakmuran pribadi, kekayaan personal ditanya, apa yang diperoleh? Tidak ada.

Saya merasa sudah dilunasi Tuhan. Diberi rumah, mobil yang cukup baik. Kalau biaya, ya beli gado-gado di depan gedung juga nikmat.

Kedua, dahulu orang-orang melakukan transaksi dengan barter, bukan uang. Nilai dalam perdagangan. Dulu roti ditukar daging sapi. Orang semua menyimpan dendeng. Jadi mata uang jaman dulu dendeng.

Sekarang orang bikin roti ada yang spesial ini itu, harganya bintang lima. Tukang cukur bingung lihat hair stylist, make up artist, bayaran mencukur jutaan rupiah.

Jadi semua produk yang asalnya berlimpah, zaman singkong dan kelapa tumbuh sendiri, sekarang impor jagung, impor kedelai. Inilah yang harus dikoreksi karena terjadi penguasaan monopoli.

Ketiga, semua orang jaman sekarang dimotivasi oleh kehendak. Jadi kalau kita hidup masih atas dasar kehendak sendiri, repot.

Rahasianya adalah hidup ini menggunakan piranti lunak seperti Android OS itu adalah versi "kehendak orang lain".

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Coba anda muktahirkan Android OS Anda, hilangkan motivasi pribadi. Seketika Anda kelihatan banyak kesempatan untuk orang lain.


Mau Investasi Emas? Ini Keuntungannya

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen Buku terbaru Money Intelligent: Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM) , Kategori: Manajemen, Harga:  Rop43.800. Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM.), Kategori: Manajemen, Harga:  Rp47.800  Mulai tersedia di toko-toko buku terdekat.

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016