Jurus Jitu Seimbangkan Kesenangan Hidup & Keamanan Finansial

Jurus Jitu Seimbangkan Kesenangan Hidup dan Keamanan Finansial
Sumber :

VIVA.co.id - Ada ungkapan yang menyebut bahwa kebahagiaan tak bisa dibeli dengan uang. Kehangatan keluarga, keberadaan sahabat, atau aktualisasi diri, misalnya, adalah sumber kesenangan hidup yang tak ternilai harganya. Meski begitu, ketercukupan materi tak bisa serta merta diabaikan begitu saja.

Keamanan financial tetap penting untuk dipikirkan sedini mungkin, untuk memastikan masa depan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi tetap terjamin. I Love Life, situs yang memuat tulisan inspiratif tentang hidup, membagikan sejumlah tips menarik dalam menyeimbangkan kebahagiaan dan jaminan keamanan financial Anda:
1.    Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Rutin Liburan
Liburan, adalah pilihan banyak orang untuk mengusir stress dan penat yang timbul karena tekanan rutinitas sehari-hari. Namun terkadang, pikiran sudah merindukan desiran angin pantai atau sejuknya hawa pegunungan, tapi ternyata isi dompet ternyata tak mengizinkan.

Menyisihkan anggaran bulanan, adalah satu hal yang pasti harus dilakukan. Sediakan pos liburan sebesar 5-15 persen dari pendapatan bulanan, agar tak terasa memberatkan. Ada lima tips lain dari I Love Life yang bisa disimak untuk merencanakan liburan, berikut alasan mengapa bergantung pada kartu kredit untuk liburan sangat tidak disarankan.
 
2.    Naik Haji di Masa Muda, Kenapa Tidak?
Bagi umat muslim, Tanah Suci adalah satu destinasi yang wajib dikunjungi bila memiliki kemampuan, setidaknya sekali seumur hidup. Karena biaya haji yang cukup tinggi, tak jarang mereka yang berusia muda menunda panggilan ini sampai kebutuhan lain seperti rumah, pendidikan anak atau tabungan masa tua terpenuhi. Padahal ada cara agar haji bisa dilakukan di usia muda, kala kondisi tubuh masih kuat, sehingga ibadah bisa berjalan lebih opimal.
 
Salah satunya, adalah menabung dalam bentuk emas yang nilainya stabil dan tak tergerus inflasi. Cara lain adalah menabung dalam rekening khusus haji, di mana nasabah dapat mengukur nominal dan jangka waktu menabung. Ada tips lain yang patut dibaca, termasuk cara unik berangkat haji secara gratis.

3.    Hendak Menikah? Jangan Ragu Bicarakan Keuangan
Cinta adalah modal utama dalam sebuah pernikahan. Namun realitanya, masalah financial juga menjadi salah satu faktor utama yang menentukan mulusnya perjalanan rumah tangga yang ke depannya.

Khusus mengenai masalah keuangan, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pasangan yang hendak menikah. Yang pertama, adalah menyamakan persepsi dan ekspektasi satu sama lain, termasuk dalam karir dan kondisi keuangan. Pastikan masing-masing pihak jujur dalam menggambarkan keadaan keuangan, termasuk soal tabungan, pemasukan dan pengeluaran, bahkan hutang yang dimiliki.

Lalu, bagaimana soal bantuan financial dari pihak orang tua? Semua dijawab oleh artikel yang dimuat dalam I Love Live.

4.    Side Jobs Pilihan Untuk Pekerja Kantoran
Pernah merasa pemasukan dari pekerjaan tak pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan investasi masa depan? Mengapa tak melirik pekerjaan sampingan yang dapat menambah penghasilan, namun tak mengganggu waktu yang dialokasikan untuk pekerjaan utama.

Ada sejumlah pekerjaan sampingan pilihan I Love Life yang cocok untuk kebutuhan ini. Bagi Anda yang mahir berbahasa asing, penerjemah adalah posisi yang cocok untuk Anda. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga penerjemah, mulai dari buku fiksi hingga laporan tahunan. Masih ada enam pekerjaan sampingan lain yang cocok dilakukan oleh pekerja kantoran, dan bahkan mampu mendulang hasil hingga jutaan rupiah.

5.    Tak Hanya Kesehatan, Keuangan Juga Perlu Check-Up
Tak ada yang ingin tertimpa masalah keuangan, namun kadang bencana keuangan terjadi tanpa diduga-duga. Meski ada masalah yang memang tak terelakkan, banyak problem keuangan yang sebenarnya bisa diantisipasi sejak awal. Caranya, adalah melakukan pengecekan, alias check up kondisi keuangan Anda.

Satu hal yang wajib diperhatikan, adalah arus keuangan pribadi baik pemasukan maupun pengeluaran. Tak perlu repot mencatat secara manual karena kini ada sejumlah aplikasi yang melakukannya untuk Anda. Hal lain yang perlu dilakukan adalah ‘meneropong’ apa yang akan terjadi di masa depan. Cara selengkapnya, dapat dibaca lebih lanjut dalam artikel menarik yang diulas oleh I Love Life.

Itu dia secuplik tips-tips financial dari I Love Life. Masih banyak jurus keuangan lain yang dimuat dan bisa Anda terapkan demi keamanan finansial di masa depan, bila membacanya di sini.

Chief Manulife: Asuransi Konvensional Masih Dianggap Haram

PT Astra Aviva Life terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Web)

Bonus untuk karyawan. Foto ilustrasi.

Mundur, CEO Ini Beri Setiap Karyawan Rp18 Juta

Ini menjadi hadiah perpisahaan.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2016