Beda Karyawan dan Entrepreneur

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Paradigma, atau sudut pandang
entrepreneur
Kiat Jadi Pengusaha Sukses ala Zaskia Adya Mecca
(pengusaha) dengan karyawan beda. Hal tesebut tidak bisa dipungkiri, karena mulai dari pergaulan, lingkungan, dan cara menyikapi suatu tatangan sangat berbeda.

Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses
Bedanya di mana?

1. Karyawan, mengajukan proposal, business plan, budget dan inisiatif. Entrepreneur, tidak mengajukan business plan. Dia menerima ide, menerima proposal, membantu teman dalam memproses proposal yang potential. 

2. Karyawan cenderung mengambil risiko, opportunity oriented, dan profit oriented. Sementara itu, entrepreneur mencegah risiko, memastikan pengalaman, mengenal lapangan, memiliki rahasia insights, berpengalaman pasti. Mengerti tips dan trik khusus di bidang yang dimasuki

3. Karyawan, suka ide-ide baru, bertualang di dunia baru, mencari kerja sama baru dengan partner baru. Sedangkan entrepreneur memastikan jalan yang pernah dilalui, lika-liku perjalanan rahasia telah dikuasai, memilih partner sahabat sejati. Menapak tilas 'El do rado' yang telah diketahuinya.

4. Dalam pergaulan, karyawan lebih kepada mencari teman dan opportunity baru. Tapi entrepreneur, memilih teman yang paling dekat.

5. Karyawan mencari bagi hasil, membagi opportunity. Entrepreneur membagi risiko, melindungi partner, dan mau berkorban.

6. Dalam memilih rekan kerja, karyawan mencari orang terbaik 'the best' dan performance oriented. Tetapi, entrepreneur mencari sahabat sebiduk seperahu, sedapur, seumur sehati, dan sedompet. 


Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com.

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya