Pertamina Diminta Berikan Prioritas pada Pengusaha Nasional

Ilustrasi Mobil Tangki BBM Pertamina.
Sumber :
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- Pengamat energi sekaligus Direktur Indonesia Resources Studies (Iress), Marwan Batubara, meminta PT Pertamina memberikan prioritas kepada pengusaha nasional dalam menjalankan proyek-proyeknya.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Hal tersebut terkait tender lelang pengadaan minyak mentah dan produk bahan bakar minyak (BBM) untuk kebutuhan semester pertama 2016. Tujuannya, agar pelaksanaan tender semakin kompetitif.
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE


“Kalau pengerjaan proyek ada pengusaha nasional dan asing, maka pengusaha nasional sendiri harusnya dikasih fasilitas, mungkin diberi poin lebih, jadi mestinya prioritas," kata Marwan kepada wartawan di Jakarta, Senin, 30 November 2015.


Sementara Anggota Komisi VII DPR RI, Joko Purwanto, mengharapkan proses lelang pengadaan minyak mentah dan BBM dilakukan secara profesional. Dia pun tidak mempermasalahkan siapa yang menjadi pemenangnya.


"Selama proses lelang pengadaan barang dan jasa atau lainnya yang dilelangkan dan atau tenderkan melalui proses yang benar sesuai tata aturan dan atau hal yang diatur dalam undang-undang, maka hal tersebut dapat dimaklumi," ujarnya.


Namun, kata dia, memang sebaiknya pengusaha lokal memiliki peluang yang lebih besar daripada pengusaha asing. Dengan catatan, tentu saja pengusaha nasional tetap harus terus meningkatkan kemampuan mereka.


"Pertamina sudah seharusnya memberikan keberpihakan yang lebih kepada pengusaha dalam negeri, sebab secara kualitas bisa dikatakan pengusaha dalam negeri masih cukup bersaing," ucapnya. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya