Inflasi Rendah, Ini Komentar BI dan Pemerintah

Gubernur BI Agus Martowardojo ketika memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/ Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, inflasi pada November 2015 sebesar 0,21 persen. Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) yakin, target inflasi akhir tahun yang berkisar empat plus minus satu akan tercapai.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menilai, laju inflasi yang berada pada posisi 0,21 persen pada November 2015 tersebut sesuai dengan prediksi BI, yakni sebesar 0,2 persen.

"Saya kemarin bilang 0,2 persen. Ya jadi deket kan. Saya juga bersyukur kalau seandainya yang disurvei BI hasilnya mendekati, 0,21 persen. Ini hal yang baik dan kondisi ini sejalan dengan prediksi kami bahwa nanti inflasi Indonesia ada di kisaran targetnya," ujar Agus di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 1 Desember 2015.

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor

Agus mengatakan, inflasi pada akhir tahun bahkan bisa lebih rendah dari target yang dicanangkan, yakni di bawah target empat plus minus satu. "Jadi mungkin bisa di bawah tiga persen," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengklaim, inflasi pada November yang tercatat masih tergolong rendah adalah hasil dari kerja pemerintah yang menjaga agar tidak ada gangguan dalam suplai pangan. Ia juga menilai, target inflasi pemerintah pada akhir tahun akan tercapai.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

"Inflasi kita selalu naik kalau dua hal, satu musimnya buruk sehingga produksi bahan pangannya turun. Atau tarif yang dikendalikan pemerintah dinaikkan. Kelihatannya keduanya tidak terjadi, sehingga memang tingkat inflasi kecenderungannya rendah dan akan sangat rendah. Inflasi kita tahun ini akan rendah, akan di bawah empat persen," ujarnya.

(mus)

toko di pasar Senen

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

Hanya fenomena politik jelang pilkada.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016