Opsi Dua, Sudirman Serahkan Divestasi Saham Freeport ke BEI

Menteri ESDM Sudirman Said Rapat Kerja Dengan Komisi VII DPR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, pihaknya akan menyerahkan mekanisme divestasi saham PT Freeport Indonesia melalui pasar modal sebagai opsi kedua, jika pemerintah tidak mengambil alih melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
"Divestasi sudah disepakati. Pertama kali pemerintah pusat diberikan kesempatan strategi sell (jual) di pasar modal. Kalau pemerintah tidak ambil, mekanismenya lewat pasar modal," kata Menteri ESDM, Sudirman Said, salam rapat kerja komisi VII di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Selasa, 1 Desember 2015.

Sindiran Menkeu Sri ke Wajib Pajak di BEI
Sebelumnya, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio, meminta agar perusahan asing yang memanfaatkan sumber alam Tanah Air segera melakukan initial public offering di bursa nasional. Tujuannya, agar masyarakat, khususnya investor Indonesia juga dapat menikmati hasil keuntungan Freeport dengan memiliki sahamnya.

Kendati demikian, hal tersebut memang menimbulkan banyak pertimbangan, lantaran kekhawatiran jika Freeport menggunakan mekanisme IPO sahamnya akan dikuasai oleh asing. Namun, pihak BEI mengaku, akan membatasi besaran porsi saham khusus untuk melindungi investor domestik.

Sementara itu, Analis Universal Broker, Satrio Utomo, mengatakan Freeport Indonesia sebaiknya mencatatkan sahamnya di BEI agar lebih transparan dan terbuka.

Menurutnya, jika saham Freeport masuk ke pemerintah atau dengan melalui BUMN, seringkali faktor transparasi tidak terjadi. Apalagi, saat ini pihak BEI sudah terbuka menerima Freeport di tengah-tengah harga tambang yang sedang menurun. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya