Tujuh Cara Mudah Memulai Usaha Tanpa Modal

Sumber :
  • idiva.com
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Dalam menjalankan bisnis, terkadang Anda sering dibingungkan dengan satu masalah klasik, yaitu permodalan. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Padahal zaman sudah berubah. Dengan sedikit kreativitas, bisnis Anda bisa berjalan tanpa perlu membutuhkan modal yang besar. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Bagaimana menjalankan usaha tanpa memerlukan modal? Ini pembahasannya:

1. Pinjam uang

Tidak mudah memang mencari modal dengan cara meminjam, karena dibutuhkan kepercayaan dari pihak pemberi pinjaman kepada Anda. 

Dalam hal ini, cobalah dengan memberikan presentasi dan penjelasan mendalam tentang usaha yang sedang Anda jalankan. Bila ingin meminjam dari teman, tanamkan kepada dia bahwa mereka adalah investor bagi usaha kecil Anda. 

Dan sebagai investor, maka dana atau uang yang mereka tanamkan atau investkan tidak akan hilang, malah akan bertambah sejumlah dengan persentase besaran modal yang mereka tanamkan. 

Intinya mereka yang punya uang, Anda yang mengelola untuk sementara waktu sampai bisa mengembalikan pinjaman modal yang teman diberikan. 

Selain teman, Anda juga bisa meminjam uang untuk modal usaha Anda dari saudara dan keluarga. Yang perlu diperhatikan saat Anda mempresentasikan usaha adalah jangan mengada-ngada. 

Berikan penjelasan yang mudah dipahami dan perhitungan yang masuk akal serta ekspektasi kemungkinan modal mereka akan kembali.

2. Manfaatkan ruangan rumah

Bila Anda memiliki ruangan di rumah yang bisa dijadikan ruang kerja, sebaiknya dimanfaatkan dulu. Jangan terburu-buru untuk menyewa tempat, jadi Anda tidak perlu pusing-pusing mencari tempat usaha dan memenuhi target uang untuk menyewanya. 

Tetapi perlu diperhatikan, meskipun Anda membuka kantor di rumah bukan berarti dapat bersantai ria. Tetapkanlah waktu kerja agar Anda lebih profesional, dan aturlah ruangan itu menjadi tempat khusus untuk tempat kerja bagi Anda. 

3. Cari rekan kerja

Carilah rekanan kerja dari lingkungan keluarga atau teman-teman yang sudah berinvestasi di dalam usaha Anda. Hal ini bisa meringankan beban kerja Anda sekaligus dapat membantu mencarikan ide-ide pemikiran yang baru, sehingga bisa mengembangkan usaha anda agar bisa lebih kompetitif dan produktif.

4. Pekerjakan staf dengan sistem bagi hasil

Jika projek usaha Anda semakin menumpuk, tidak ada salahnya jika Anda mulai mempekerjakan staf. Gunakan sistem penggajian bagi hasil agar Anda bisa menghemat banyak pengeluaran, terutama jika usaha masih pasang surut. 

Dengan menggunakan sistem ini, Anda juga menjalin rasa saling percaya yang tinggi, sehingga mereka akan mendukung usaha Anda lebih baik. Baca Juga: Ini Dia Solusi Pengajuan KTA Bagi yang Tidak Punya Kartu Kredit

5. Buat website

Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, menggunakan fasilitas internet sebagai alat pemasaran adalah keputusan tepat. Jika belum memiliki dana lebih untuk membayar web developer untuk membuat website usaha, Anda dapat menggunakan fasilitas web gratis yang ditawarkan google untuk mengembangkan usaha kecil atau menengah. 

Manfaat dari pembuatan website untuk usaha adalah untuk menarik banyak pelanggan baru, dengan internet jangkauan pemasaran yang bisa lebih luas karena internet di akses oleh siapa pun di dunia. 

Sedangkan cara untuk mempromosikan website sangat mudah, Anda hanya perlu mengkopi link URL web usaha ke akun jejaring sosial Anda. 

Dari situ Anda juga bisa meminta bantuan teman-teman untuk mempromosikannya kepada kenalan mereka. Dengan demikian anda bisa menjaring pelanggan potensial lebih banyak.

6. Fokus

Jika usaha yang baru Anda rintis belum menghasilkan banyak uang, fokuslah untuk memperbaiki bisnis tersebut dan konsultasikan kepada pakar bisnis untuk mengetahui dimana letak kesalahan pada proses pengembangan usaha Anda. 

Lakukan evaluasi menyeluruh agar ke depannya bisnis akan berjalan semakin baik. Baca Juga: Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Persyaratannya

7. Negosiasikan segalanya

Cara memulai usaha tanpa modal yang terakhir adalah dengan menegosiasikan pinjaman dana ke bank sebagai modal untuk bisnis Anda. 

Buatlah materi presentasi yang simpel dan tidak mengada-ada dengan perhitungan yang jelas dan terperinci agar pihak bank dapat percaya dengan kredibilitas usaha yang mau Anda mulai.

Usaha gratisan, hasil jutaan

Meskipun jenis usaha ini tanpa modal, namun jangan remehkan omzet yang mungkin Anda dapatkan. Maka, pastikanlah jika usaha yang dipilih sudah sesuai dengan keterampilan atau hobi Anda. 

Kemudian cobalah untuk fokus dan bertahan pada tahap awal merintis usaha. Jangan menyerah terlalu cepat, karena setiap usaha tidak mungkin langsung bisa sukses berjalan. Jadi, sudah siap untuk berbisnis? Baca Juga: 26 Bisnis Online Paling Menjanjikan Saat Ini
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya