Mengenal Asuransi Perlindungan Rumah dan Cara Memilikinya

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Dalam membangun sebuah rumah kita tak bisa luput dari berbagai risiko. Salah satu risiko yang menghantui para pemilik rumah adalah risiko kebakaran. 

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Terlebih lagi jika rumah yang didirikan berada di lingkungan padat penduduk seperti kota Jakarta, risiko kebakaran tentunya lebih besar dibanding dengan daerah yang jarang penduduknya. 

Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs
Banyak masyarakat ikut asuransi perlindungan rumah untuk melindungi terjadinya kerugian akibat musibah yang terjadi terhadap rumah mereka. Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam ikut program asuransi ini. 

Sebagus apapun perusahaan asuransi yang Anda gunakan, perlindungan utama terhadap rumah tetap berasal dari diri Anda sendiri. Diperlukan teknik untuk memilih perusahaan dan jenis asuransi yang bisa memberikan proteksi dari semua risiko pada rumah Anda secara total.   

Berikut ini empat cara memilih asuransi rumah terbaik:

1. Lakukan perbandingan

Sebaiknya Anda memiliki pilihan sebanyak mungkin, supaya mudah untuk melakukan perbandingan tentang perusahaan penyedia produk asuransi rumah. Tujuan perbandingan adalah dapat membuat keputusan terbaik dengan membandingkan biaya dan manfaat dari berbagai macam perusahaan asuransi rumah tersebut.

Untuk menghemat waktu dan biaya saat melakukan perbandingan, sebaiknya lakukan perbandingan online. Bahkan Anda dapat langsung mengajukan asuransi rumah atau melakukan konsultasi gratis secara online.

2. Ketahui jaminan

Dengan memiliki banyak pilihan dalam melakukan perbandingan, Anda dapat mencari tahu perlindungan apa saja yang dimiliki oleh masing-masing produk yang ditawarkan perusahaan asuransi pilihan. 

Misalnya risiko kebakaran yang terjadi karena berbagai hal, seperti konsleting, arus pendek, sambaran petir, kejatuhan pesawat, ledakan, atau kerusuhan.

Tanyakan bagaimana perusahaan asuransi tersebut memandang risiko ini, sehingga Anda akan lebih jelas mengetahui risiko mana yang dijamin perusahaan asuransi tersebut, mengapa risiko tersebut dijamin, dan risiko apa yang tidak dijamin.


3. Ketahui proses klaim

Anda pasti tidak ingin risiko tersebut akhirnya terjadi. Bila tetap terjadi, Anda harus mengajukan klaim kerugian kepada perusahaan asuransi tersebut. Namun kenyataannya mengajukan klaim tidak segampang yang dibayangkan. 

Karena itu, dalam proses perbandingan bertanyalah secara detail tentang prosedur klaim yang berlaku di masing-masing perusahaan yang menawarkan asuransi rumah. Pastikan nantinya Anda tidak mengalami kesulitan pengurusan klaim ketika risiko yang tidak diinginkan terjadi. 

Untuk menambah informasi, tanyakan hal ini kepada para ahli asuransi yang mengasuh forum finansial. Supaya mudah dan cepat mendapat jawaban, lakukan dalam forum online.


4. Biaya dan nilai pertanggungan

Besarnya biaya yang harus Anda bayarkan dan nilai pertanggungan yang akan didapatkan menjadi faktor penentu keputusan. Sebab, Anda harus berhitung jangan sampai terjadi uang pertanggungan yang diterima tidak cukup untuk membangun rumah kembali. 

Jadi Anda harus melakukan perhitungan secara cermat dan membandingkan dengan lamanya kontrak asuransi. Apabila Anda tertarik ikut asuransi properti, pelajarilah beberapa tips dalam memilih asuransi propert berikut ini:

• Lihat reputasi

Reputasi perusahaan merupakan hal yang paling penting. Jangan sampai Anda memilih produk asuransi dari perusahaan yang ilegal dan mempunyai reputasi buruk dalam klaim. Pilihlah perusahaan yang terdaftar di AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia) dan Bapepam-LK (Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan). 

Anda dapat meminta rekomendasi dari teman-teman yang mempunyai asuransi properti dari perusahaan dengan reputasi baik.

• Sesuaikan kebutuhan

Anda dapat mengambil polis asuransi yang paling komprehensif dengan polis yang mahal, namun sebaiknya sesuaikan kebutuhan dengan polis Anda untuk menghemat biaya tahunan yang dibayarkan. 

Misal Anda tidak perlu perlindungan banjir apabila rumah berada di dataran tinggi, atau Anda tidak perlu memilih perlindungan tanah longsor apabila rumah berada di dataran rendah. Penyesuaian kebutuhan dengan produk asuransi yang diambil akan menghemat biaya polis.

• Bandingkan produk

Perusahaan Asuransi mengeluarkan banyak produk asuransi dengan berbagai fasilitas dan keuntungan. Sebaiknya Anda bandingkan seluruh produk dari berbagai perusahaan untuk mendapatkan asuransi yang paling sesuai kebutuhan serta dengan biaya polis rendah.

• Pelajari polis

Polis merupakan perjanjian antara Anda dan perusahaan asuransi. Anda harus memahami setiap poin yang tertulis dalam polis. Apabila ada poin dalam polis yang tidak dimengerti, langsung tanyakan sampai jelas supaya tidak terjadi kesalah pahaman di masa yang akan datang.

• Tanyakan prosedur

Hal penting lainnya dalam asuransi adalah Anda harus memahami prosedur klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Mintalah agen untuk menjelaskan prosedur klaim supaya Anda dapat segera mengajukan klaim apabila terjadi hal yang tidak diinginkan sesuai dengan polis yang telah disepakati.


Yuk gunakan asuransi properti!

Dengan berbagai manfaat dan keuntungan yang ditawarkan asuransi properti. Sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan produk asuransi properti untuk melindungi rumah dari berbagai risiko yang mungkin terjadi kapan saja. 

Ingat, rumah adalah tempat berlindung Anda dan keluarga, dengan melindunginya, berarti Anda juga sudah melindungi semua anggota keluarga. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya