Rogoh Ratusan Juta Dolar, Pertamina Tambah 11 Kapal BBM

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- PT Pertamina menambah 11 kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) hingga 2017. Perusahaan pelat merah ini menggelontorkan dana ratusan juta dolar AS untuk penambahan kapal tersebut.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan, saat ini, perseroan telah memiliki 65 unit kapal dengan berbagai ukuran untuk mengangkut minyak mentah dan BBM. Dengan tambahan 11 kapal, total kapal yang dimiliki Pertamina sebanyak 76 kapal hingga 2017.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
"Nanti ada 11 kapal yang siap dikirimkan galangan kapal untuk Pertamina. Total investasinya mencapai sekitar US$300 juta," kata Wianda di Jakarta.

Dari 11 kapal itu, ada tiga kapal yang berukuran sedang dengan bobot 40 ribu DWT. Ketiganya diberi nama Kapal MT Sanggau, Kapal MT Serui, dan Kapal MT Santana. Kapal itu akan dikirimkan pada kuartal I 2016 oleh New Times Shipbuilding Co., Ltd.

"Investasi untuk ketiga kapal ini mencapai US$100 juta," kata dia.

Wianda melanjutkan, sepanjang 2016-2017, ada delapan kapal general purpose (GP) dengan bobot 17.500 DWT dan dibangun oleh tiga galangan kapal nasional. 

Yaitu, PT Anggrek Hitam Shipyard yang memproduksi kapal MT Parigi dan MT Pattimura, PT Radar Utama yang membangun kapal MT Panderman, MT Papandayan, dan MT Putri, serta PT Multi Ocean Shipyard yang memproduksi kapal MT Pasaman, MT Panjang, dan MT Pangrango.

"Investasi delapan kapal itu US$200 juta," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya