4 Hadiah Sederhana Ini Bikin Anak Kelola Keuangan

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Apakah Anda saat ini memiliki anak, adik, atau keponakan yang masih kecil? Atau mungkin, teman sedang kesulitan karena anaknya yang masih kecil sangat boros? Mungkin ini saat yang tepat untuk mulai mengajarkan ilmu pengelolaan keuangan bagi mereka.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak lebih mudah untuk belajar dengan contoh dan praktek daripada diberikan teori-teori ekonomi dan manajemen keuangan. Membuat anak lebih melek keuangan akan membantu orangtua dari pemborosan yang ditimbulkan anaknya sendiri sekaligus mendidik mereka untuk mengurus diri saat sudah dewasa nanti.

Berikut ini 4 hadiah sederhana yang bisa kamu berikan untuk membuat anak, adik, atau keponakan yang masih kecil agar lebih melek keuangan:
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

1. Berikan buku tulis untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Anda bisa mengajarkan dengan sederhana tentang konsep uang masuk dan uang keluar. Bisa mengajarkannya untuk disiplin mencatat pengeluaran seperti makanan dan membeli mainan di buku.

Selain itu, Anda juga perlu mencontohkan cara mencatatkan pemasukan seperti uang jajan atau tambahan uang saku dari membantu kegiatan di rumah.
Kalau boros, dia akan sadar dengan sendirinya dari jumlah uang keluar yang ia catat dan berharaplah ia mulai jera untuk memboroskan uang.


2. Berikan celengan untuk tempatnya menabung

Nah, Anda bisa memberikan celengan sederhana atau bahkan berbentuk karakter kartun kesukaan anak tersebut agar ia lebih giat menabung. Ajarkan kepadanya cara menyisihkan uang untuk menambal pengeluaran boros yang sudah dia lakukan. 

Jika si anak diberikan uang jajan Rp20 ribu sehari, ajarkan untuk menyisihkan Rp5.000 per harinya dengan memasukkannya ke celengan. Dalam satu bulan, ia dapat mengumpulkan hingga Rp200 ribu dengan catatan disiplin dalam melakukannya.

Izinkan dia untuk menggunakan tabungan tersebut membeli mainan idamannya hanya dengan uang tabungannya. Jadi ia akan terbiasa untuk belajar menyisihkan uang.


3. Berikan tambahan uang jajan

Tentunya bukan diberikan serta merta. Buat kesepakatan dengan si anak bahwa dia akan mendapatkan uang dari membuat pekerjaan rumah dan bonus apabila berhasil mendapatkan nilai ulangan di atas 90 berturut-turut. Ingatkan bahwa uang yang dikumpulkan bisa ditabung untuk menambah berat celengannya.


4. Berikan kesempatan mencoba bisnis 

Jika Anda punya bisnis sendiri, meskipun skalanya kecil, bisa mengajak dia ikutan berbisnis kecil-kecilan meski hanya sehari. Dengan begini, dia akan mulai mengerti susahnya mencari uang dan belajar untuk tidak boros.

Kalau ternyata dia berbakat bisnis dan malah meningkatkan pemasukan, maka Anda juga yang untung karena dia dilibatkan dalam bisnis.


Anak sebaiknya diajarkan untuk mengelola keuangannya agar tidak boros, karena hal ini sangat membantu hidupnya ketika ia dewasa kelak. Bersabarlah dalam mengajarkan anak-anak dan dia tentunya akan bisa menerima semua hadiah yang Anda berikan kepadanya untuk lebih melek keuangan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya