Ingin Bisnis Tapi Gaji Minim, Ikuti Strategi Ini

Blogger menikmati momen hiatus.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA.co.id - Mau buka bisnis kecil tapi gajimu saat ini masih minim? Hal tersebut bisa disiasati apabila  pandai menyisihkan penghasilan dan juga memilih bisnis kecil apa yang ingin digeluti.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Buat Anda yang tertarik dengan kuliner, bisnis ini bisa dimulai dengan modal minim.Tidak perlu memiliki gaji tinggi atau repot memikirkan modal membuka restoran. Salah satu bisnis kecil yang bisa dimulai adalah bisnis nasi goreng kambing.

Nasi goreng kambing merupakan favorit banyak orang, baik dari kalangan muda maupun tua. Dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan setiap bulannya.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Bingung mengumpulkan modalnya? Kalau tahu strategi menabung dan menghemat biaya hidup, hal ini bisa dliakukan meskipun gaji hanya Rp3 juta per bulan. Simak langkah-langkah berikut untuk memulainya.

1. Hitung modal awal untuk memulai bisnis nasi goreng kambing

Tidak perlu memiliki tempat bangunan sendiri untuk memulai usaha ini. Hanya dengan gerobak etaase makanan, bisnis ini sudah terbukti memiliki omzet yang lumayan. Namun, kalau memiliki rumah, Anda bisa saja menggunakan garasi atau halaman rumah untuk dijadikan tempat memulai usaha ini.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Investasi awal untuk etalase makanan dan kompor bisa mencapai kurang lebih sekitar Rp4 juta, sedangkan investasi lain-lain seperti peralatan memasak, perabotan meja kursi dan bahan makanan berkisar di Rp2 juta. Dengan ini, total seluruh modal awal yang kamu butuhkan ada di kisaran Rp6 juta.

2. Hitung lama waktu yang diperlukan untuk memulai usaha

Cobalah untuk menabung setidaknya 10 persen dari gaji. Dengan gaji Rp3 juta per bulan, maka kamu bisa memperoleh tabungan Rp300 ribu per bulan. Untuk modal Rp6 juta bisa terkumpul, kamu membutuhkan sekitar 20 bulan atau satu setengah tahun untuk mulai menjalankan bisnis ini.

Kalau memutuskan untuk bekerja sama dengan seorang teman dan dia juga menabung dengan jumlah yang sama dengan Anda, maka kalian bisa segera mulai bisnis ini kurang dari satu tahun menabung.

Baca Juga: 10 tanda kamu harus resign dan memulai bisnis sendiri

3. Menambah jumlah yang bisa ditabung

Kalau bisa berhemat, sebenarnya bisa mendapatkan dana ekstra agar jumlah dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini lebih cepat terkumpul. Anda bisa mengorbankan beberapa kegiatan yang tidak esensial seperti beli rokok atau belanja yang tidak perlu di akhir pekan.

Alternatif lainnya, bisa memanfaatkan kartu kredit. Banyak toko ritel dan supermarket tempat belanja kebutuhan sehari-hari yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit untuk memberikan promosi seperti diskon atau cash back. Kalau jeli memanfaatkan promosi ini,  bisa saja menghemat hingga Rp100 ribu per bulan.

Jika ditambahkan dengan penyisihan penghasilan kamu yang Rp300 ribu per bulan, berarti bisa menabung hingga Rp400 ribu per bulan. Artinya, Anda cukup menunggu hingga 15 bulan atau satu tahunan saja untuk memulai bisnis ini.

Baca juga: 5 cara menghemat listrik prabayar hingga Rp500 ribu per bulan

Untuk memulai bisnis, tidak perlu menunggu hingga memiliki gaji besar. Dengan perencanaan dan perhitungan yang tepat, bisnis mudah dan menguntungkan seperti bisnis nasi goreng kambing ini juga dapat memberikan tambahan penghasilan yang lumayan setiap bulannya.

Nah, mulailah melakukan penghematan dengan memanfaatkan kartu kredit secara tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya