Stok Beras Nasional Aman hingga Maret 2016

Sumber :
VIVA.co.id
DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok
- Pemerintah telah memastikan bahwa stok beras sampai dengan Maret 2016 masih dalam batas aman. Namun, di sisi lain, pemerintah berencana untuk melakukan impor jagung pada triwulan I-2016.

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil, menjelaskan, masuknya beras impor asal Vietnam dan Thailand secara langsung menambah stok beras yang berada di Badan Urusan Logistik (Bulog).

Pedagang Pasar Janji Jaga Stabilitas Harga Pangan
"Masuknya impor 1,5 juta ton dengan cadangan yang ada di Bulog itu aman sampai Maret 2016. Jadi, jelang libur aman sekali," kata Sofyan, usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, 16 Desember 2015.

Sofyan mengatakan, total cadangan beras di Bulog hingga saat ini mencapai 2 juta ton. Apalagi, dia memprediksi, pada akhir Februari mendatang sudah mulai terjadi panen padi. 

"Maret sudah mulai panen, April panen raya. Jadi, tidak ada masalah. Semua aman," ujar dia.

Meskipun stok beras terbilang aman hingga Maret 2016, tetapi tidak diiringi dengan stok jagung domestik. Kepala Bulog, Djarot Kusumayakti, mengatakan, pihaknya berencana melakukan impor jagung untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri pada kuartal I-2016.

"Kami akan mengimpor jagung 600 ribu ton pada tahun depan. Semua perusahaan nanti harus beli dari Bulog," tutur dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya