Janji Jokowi, Nelayan Melaut Pakai Konverter Kit

darmin nasution
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni
VIVA.co.id
Kapal Nelayan Meledak, Sejumlah Orang Jadi Korban
- Pemerintah dalam kurun waktu empat bulan terakhir telah mengeluarkan tujuh paket stimulus guna menggenjot beberapa sektor, agar mampu memberikan kontribusi lebih terhadap pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.

Dimana Raibnya ABK Kapal Pisang VI?
Beberapa insentif yang diberikan pemerintah dalam ketujuh paket tersebut, memang hanya bersifat jangka panjang. Lalu, adakah kebijakan pemerintah yang akan langsung terasa dalam waktu dekat?

Menteri Darmin: Belanja APBN-P 2016 Akan Dipangkas Rp133,8 T
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Kamis malam, 17 Desember 2015 menjelaskan, salah satu kebijakan yang akan segera terealisasikan adalah program konverter kit elpiji untuk nelayan, yang terangkum dalam paket jilid I. Insentif ini akan mulai berjalan pada semester pertama tahun depan.

"Konverter pakai elpiji untuk nelayan itu mulai berjalan tahun depan. Tidak akan lagi pakai solar, pakai elpiji. Biaya energi yang dipakai akan sangat signifikan. Jangan tanya hari ini," ujar Darmin dalam Forum Diskusi Paket Kebijakan Ekonomi dan Perkembangan Ekonomi Terakhir di Tanggerang, Banten.

Selain konverter elpiji, Darmin mengungkapkan, ada dampak positif dari peluncuran paket-paket deregulasi tersebut. Paling utama, kata dia, adalah timbulnya kepercayaan para pelaku pasar terhadap kinerja yang dilakukan pemerintah. Hal ini akhirnya memberikan pengaruh terhadap kurs nilai tukar yang sempat anjlok.

"Kami buat dua paket deregulasi dianggap begitu saja. Tapi waktu kami urus setiap minggu, kelihatan sekali market mulai percaya. kalau dilihat, kurs yang tadinya bergerak sampai Rp14.800, perlahan-lahan ke arah Rp13.500 bahkan," kata dia.

Meski demikian, mantan Gubernur Bank Indonesia ini mengakui bahwa sebagian dari insentif yang dikeluarkan pemerintah dalam paket tersebut memang bersifat jangka panjang. Sehingga, dampaknya tidak akan terlalu terasa dalam beberapa bulan kedepan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya