Ekonomi Vietnam Tumbuh Pesat dalam Lima Tahun

Ilustrasi petani.
Sumber :
  • CNBC
VIVA.co.id
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
- Ekonomi Vietnam mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dalam lima tahun terakhir. Menurut laporan, ekonomi Vietnam tumbuh 6,68 persen karena ditopang oleh sektor industri yang berkembang sangat baik serta masuknya investasi asing.

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat
Dikutip dari CNBC, Minggu 27 Desember 2015, pada awal bulan ini, Perdana Menteri Nguyen Tan Dung menargetkan tingkat pertumbuhan tahunan 6,2 persen, kenyataannya malah melebih perkiraan yaitu 6,55 persen.

Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan
Pada kuartal keempat, produk domestik bruto (PDB) meningkat 7,01 persen dari tahun sebelumnya. Bulan Juli-September menjadi kuartal terbaik tahun ini, demikian disampaikan Kantor Statistik Umum (GSO).

Pertumbuhan negara Asia Tenggara ini  telah meningkat setiap tahun sejak 2012.  Padahal sebelumnya Vietnam berada diambang krisis setelah kredit macet di sektor properti yang melonjak hingga 17,5 persen dari total kredit.

"Tahun 2015, adalah sebuah prestasi karena ada hasil yang cukup bagus dari pertumbuhan ekonomi," kata Kepala GSO Nguyen Bich Lam.

Menurut dia, pertumbuhan ini didukung manufaktur sebesar 9,4 dan jasa konstruksi 10,8 persen. Pada 15 Desember, realisasi investasi asing langsung (FDI) tahun ini mencapai US$14,5 miliar, atau 17,4 persen di atas angka tahun sebelumnya.

Negara komunis ini adalah salah satu  anggota dari Trans Pasific Partnership (TPP).  Vietnam juga telah  menyelesaikan 12 negosiasi penawaran perdagangan bebas, dengan Uni Eropa, Korea Selatan dan Rusia.

Pemerintah telah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,7 persen untuk tahun depan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya