Jokowi Minta Pabrik Sagu Ikut Dongrak Ekonomi

Pabrik sagu Perhutani di Sorong Selatan
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari terakhir kunjungan ke Papua mengunjungi pabrik sagu milik Perum Perhutani di Sorong Selatan, Papua Barat. Jokowi berharap pabrik sagu tersebut akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi setempat.

"Dan yang bekerja berasal dari lingkungan masyarakat sekitarnya," kata Jokowi di Papua sebagaimana  dirilis Tim Komunikasi Presiden, Jumat 1 Januari 2016.

Dalam kunjungannya ke pabrik sagu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar.

Pabrik sagu Perhutani di Sorong dibangun sejak tahun 2013. Pembangunan diselesaikan tahun 2015 dengan kapasitas produksi tepung sagu sebanyak 100 ton perhari. Sementara bahan baku yang digunakan sekitar 5000 hingga 6000 potong tual perhari.

KPK Periksa Eks Menteri Perhubungan Freddy Numberi

Adanya pabrik sagu ini diharapkan bisa mendongkrak harga jual sagu dan tepung sagu yang akan dipasarkan ke luar daerah.

Pembangunan pabrik ini berbiaya investasi Rp 150 miliar dan akan membutuhkan kurang lebih 40 orang pekerja di pabrik  selain 400 hingga 600 orang di lahan-lahan hutan sagu. Pabrik milik Perhutani tersebut ditargetkan bisa menghasilkan pendapatan Rp 100 miliar pertahun.

Kunjungan Jokowi di Papua telah berlangsung empat hari tiga malam. Dalam kunjungan sejak tanggal 29 Desember 2015  hingga 1 Januari 2016, Jokowi sudah mengunjungi tujuh lokasi yaitu Merauke, Wamena, Timika, Nduga, Sorong, Raja Ampat dan Sorong Selatan. (ren)

Mantan Menteri Perhubungan Freddy Numberi

Proyek Diklat, Freddy Numberi Perintahkan Tender Ulang

Freddy Numberi diperiksa sebagai saksi kasus korupsi Diklat Sorong

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2016