200.000 Hektare Sawah Disiapkan di Luar Pulau Jawa

Sawah di pesisir pantai Watu Pecak terendam air laut
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Pitaloka

VIVA.co.id -  Kementerian Pertanian (Kementan) akan menambah pengadaan lahan pertanian di seluruh Indonesia tahun ini. Hal itu dilakukan guna terciptanya surplus pasokan pangan.

Indonesia Terancam Krisis Petani

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, jika tahun lalu pengadaan lahan pertanian hanya mencapi 23.000 hektare (ha), maka tahun ini akan menambah ratusan ribu hektare.

"Tahun ini akan ada penambahan sawah yang cukup besar. Kita cetak 200.000 hektare untuk seluruh Indonesia," kata Amran di Kementan, Jakarta, Senin, 4 Januari 2016.

Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN

Dengan adanya penambahan lahan ini diharapkan bisa banyak memproduksi padi. Karena, penambahan lahan ini akan dilakukan di seluruh daerah yang berada di luar pulau Jawa.

"Seluas 200.000 hektare itu untuk di Aceh, Papua dan di beberapa tempat lain," katanya menambahkan.

DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok

Sementara, Sekretaris Jenderal, Kementan, Hari Priyono mengatakan, pengadaan lahan sebanyak 200.000 ha ini disebar di wilayah luar pulau Jawa dikarenakan areal perluasan sawah di pulau Jawa sudah sulit ditemukan.

"Walau memang areal tanaman (padi) kita 56 persen terkonsentrasi di Jawa, tapi cetak sawah di sini sudah sulit diperluas lagi karena sudah tidak ada lagi areal perluasan tanam," ujarnya.

Hari menambahkan, perluasan lahan tersebut selain disebar wilayah timur Indonesia juga akan menyasar wilayah-wilayah Sumatera seperti di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Sulawesi.

(mus)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya