Menyedihkan, RI Punya Feronikel tapi Impor Stainless Steel

Investor Summit 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku akan terus mendorong perusahaan BUMN tambang dalam negeri untuk bisa memproduksi dari bahan baku hingga ke produk akhir.

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Menurut dia, perusahaan pertambangan, seharusnya mempunyai daya saing yang kompetitif, sebab bahan baku yang dimiliki oleh Indonesia melimpah ruah. 

"Ke depan salah satunya, dari Antam, agar bagaimana kita bisa produksi feronikel jadi stainless steel. Sangat menyedihkan, kita punya feronikel tapi masih impor stainless steel. Untuk kaleng Cocacola saja masih impor. Ini sayang sekali," kata  Rini di Kantornya, Jumat 8 Januari 2015. 

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN
Karena itu, Rini meminta, ‎kepada perusahaan tambang agar terus meningkatkan kemampuan, baik dari SDM dan Teknologi. Dia mencontohkan salah satunya dari PT Aneka Tambang Tbk, yang mempunyai bahan baku feronikel agar bisa memproduksi stainless steel.

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Menurut Rini, Indonesia merupakan pemilik bahan baku timah terbesar di dunia, tetapi justru sering diproses di negara ASEAN lainnya. Untuk itu, pihaknya akan mendorong perusahaan tambang ‎bisa membangun produksi bahan baku hingga produksi akhir. 

"Kita punya niat dan komitmen untuk memperbaiki nasib bangsa, agar kompetitif di pasar global, terutama dalam bidang pertambangan. Bagaimana sebagai agen pembangunan untuk membangun produksi tambang akhir, dengan menyerap tenaga kerja sebesar mungkin," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya