Mengenal Jenis Beras India dan Manfaat Kesehatannya

Ilustrasi kulit beras
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Tak hanya di Indonesia, beras adalah makanan pokok di berbagai negara, salah satunya India. Terdapat berbagai jenis beras yang terdapat di negara tersebut.

Tujuh Alternatif Nasi Putih yang Lebih Sehat

Tentu saja setiap jenis memiliki kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis beras India dan manfaatnya, seperti dilansir dari Times of India.

Beras putih

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Proses penggilingan dan pemolesan beras putih menghilangkan sebagian besar kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Menurut WHO, beras putih yang telah dipoles tidak lebih dari pati yang tak lagi memiliki vitamin dan nutrisi penting. 

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Nasi putih adalah salah satu makanan yang paling mudah dan paling cepat dicerna. Tubuh hanya membutuhkan waktu selama satu jam penuh untuk benar-benar mencerna nasi putih.

Karena nasi putih rendah serat, maka sangat menenangkan sistem pencernaan dan mudah dicerna. Inilah sebabnya nasi putih baik untuk meredakan gangguan pencernaan, seperti diare, disentri, radang usus besar dan bahkan rasa mual di pagi hari. Nasi putih juga makanan terbaik bagi balita, anak-anak dan lansia.

Setiap 150 gram nasi putih mengandung sekitar lima gram protein. Bubuk beras putih juga sering digunakan sebagai obat luar bagi berbagai masalah inflamasi kulit seperti cacar, campak, biang keringat, luka bakar dan sebagainya.

Beras merah

Beras merah memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Hal itu yang lantas membuat beras merah dihargai lebih mahal. Beras jenis ini merupakan sumber serat larut yang sangat baik. Mengonsumsi beras merah akan membantu menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam darah. 

Banyak pula ahli yang menyebutkan bahwa minyak alami yang terkandung di dalam beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Serat dalam beras merah membuatnya dicerna tubuh lebih lambat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Ini berarti pelepasan gula ke dalam aliran darah menjadi lebih terkontrol dan lebih lambat. Beras merah juga memilik Indeks Glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras jenis lainnya.

Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga sangat banyak sehingga semakin bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beras basmati

Beras basmati adalah salah satu varian beras asal India. Layaknya setiap spesies beras, beras basmati juga tersedia dalam warna putih dan merah.

Beras basmati dan melati adalah beras berukuran panjang yang memiliki profil rasa yang khas. Beras basmati bahkan memiliki aroma khas yang unik karena kandungan zat kimia bernama 1-acetyl-1-pyrroline yang ditemukan di dalamnya.

Kandungan serat beras basmati merah jauh lebih tinggi dibandingkan yang putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya