Pemda Diminta Aktif Dorong Pembangunan Satu Juta Rumah

Ilustrasi investasi rumah yang tepat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Program Sejuta Rumah Melambat
- Langkah pemerintah pusat yang terus merealisasikan program sejuta rumah dinilai akan cepat terlaksana jika ada dukungan penuh dari setiap pemerintah daerah di wilayah Indonesia.

Tax Amnesty Bisa Picu Naiknya Harga Rumah Murah
Dewan Pengurus Pusat Realestat Indonesia (DPP REI) ‎menegaskan, langkah ini dinilai sebagai hal yang penting, mengingat pemerintah daerah juga bisa terlibat langsung dalam dalam implementasinya.

Pemerintah Ungkap Kendala Program Sejuta Rumah
"Saya mengapresiasi keseriusan pemerintah pusat dalam menjalankan program sejuta rumah, tapi akan berjalan lebih baik apabila pemerintah daerah juga mendukung ini," ujar Ketua DPP REI, Eddy Hussy di Jakarta, Kamis, 14 Januari 2016.

Menurutnya, keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung program satu juta rumah yang digulirkan oleh pemerintah pusat bisa mengatasi permasalahan-permasalah yang selama ini terjadi.

‎Dia mencontohkan, pemerintah daerah memiliki peran penting dalam memetakan dan meneliti tingkat kebutuhan masyarakat di suatu daerah. Sehingga penyediaan perumahan dapat merata. 

"Jika bisa kerja sama antara pemda dan pusat ini akan sangat baik, kami dari REI akan sangat mengapresiasi," katanya menambahkan.

Selain itu, Eddy melanjutkan, persoalan backlog atau rasio ketersediaan rumah dengan kebutuhan masyarakat, saat ini lebih banyak di daerah perkotaan ketimbang di daerah. Karena tingkat urbanisasi di perkotaan semakin tinggi.

"Urbanisasi dari daerah ke kota makin tinggi, sedangkan harga rumah di kota semakin tinggi, ini jadi salah satu faktor yang menyebabkan backlog."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya