Menperin Puji Pengusaha Elektronik Bekas Ini

daur ulang elektronik
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVA.co.id - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengapresiasi kerja keras Muhammad Kusrin, perakit televisi asal Karanganyar, Jawa Tengah. Saleh mengatakan, pihaknya akan memberikan pendampingan dan meningkatkan kemampuan bagi perakit televisi ini.

"Sosok seperti Pak Kusrin merupakan pribadi kreatif dan memiliki keahlian, sekaligus kreativitas," kata dia di Jakarta, dikutip dalam keterangan persnya, Jumat 15 Januari 2016.

Saleh mengatakan, pihaknya akan membina pengusaha-pengusaha elektronik rakitan seperti Kusrin untuk mendapatkan pelatihan dan mengawalnya, sehingga mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Saleh juga menyambut positif usaha Kusrin yang telah membuka lapangan kerja, dan memanfaatkan barang bekas elektronik. Hal ini, meningkatkan nilai tambah dan bisa memperpanjang usia pakai komponen-komponen televisi dan monitor komputer. Kementerian melakukan pembinaan terhadap pengusaha-pengusaha agar produk televisi rakitan memenuhi standar, menarik, dan berkualitas.

"Pengusaha kecil sebagai perakit juga mendapatkan manfaat, seperti kualitas meningkat, dan dibantu mendapat legalitas usaha maupun produk. Mereka akan nyaman berusaha dan bisa berkonsentrasi mengembangkan usaha," kata dia.

Saleh mengatakan, masyarakat yang daya belinya sesuai dengan tingkat harga televisi rakitan, tetap mendapatkan perlindungan sebagai konsumen. "Jadi, perakitnya tenang, yang beli senang," kata dia.

Saleh pun mengharapkan, peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan di daerah untuk mengidentifikasi potensi kreativitas masyarakat untuk dibina menjadi industri yang lebih baik dan bernilai tambah.

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop

Nantinya, kata dia, pembinaan akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian yang didukung pula oleh Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian. (asp)

Jualo sediakan fitur Kasbon

Beli Barang di Situs Ini Bisa Hutang

Jualo kenalkan layanan pembelian dengan pembayaran ditunda, Kasbon

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016