BNI Pisahkan Bisnis Syariah Tahun Ini

VIVAnews - PT Bank Negara Indonesia Tbk menargetkan pemisahan (spin off) unit usaha Syariah tahun ini. Setelah spin off, invetor strategis BNI yaitu Islamic Coorporation for the Development of Private Sector (ICD) akan menyuntikkan modal hingga US$500 juta atau Rp 5 triliun.

Menurut Direktur Utama BNI Gatot Suwondo, banyak yang harus dilakukan BNI untuk mempersiapkan pemisahan usaha itu. Persiapan tersebut di antaranya penataan karyawan yang saat ini sebanyak 500 orang, infrastruktur, dan legal.

"Nanti kita harus meminta izin usaha ke Dephukham, izin operasi dari BI. Sekarang proses internal mengenai spin off dengan karyawan," katanya di Jakarta, Minggu, 5 Juli 2009.

Sedangkan terkait dengan investor strategis, Gatot mengatakan ICD telah berkomitmen untuk menambah modal sebesar US$500 juta. Dana itu akan masuk setelah spin off unit usaha syariah BNI terjadi. "Akan lebih mudah negosiasi jika kita sudah memisahkan unit usaha syariah," kata dia.

Sesuai dengan aturan BI, untuk bank syariah yang baru berdiri dibutuhkan modal sebesar Rp 500 miliar. Saat ini modal unit usaha syariahnya Rp 300 miliar, sehingga BNI akan menyuntikkan modal Rp 200 miliar.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Namun, kata Gatot, jika ICD masuk akan dibatasi kepemilikannya sebesar 40 persen sehingga BNI tetap menjadi pemilik mayoritas.

"Nantinya kita harus menambah modal juga kalau ICD masuk agar tidak terdilusi. Bisa jadi, jika ICD masuk Rp 5 triliun BNI Syariah akan menjadi bank syariah terbesar dari sisi modal," ujarnya.

Gatot menambahkan, nantinya BNI Syariah akan fokus kepada nasabah komersial dan investor yang masuk ke Indonesia.

Sementara itu, tahun ini perbankan syariah akan diramaikan dengan hadirnya bank syariah yang baru. Setelah muncul BRI Syariah pada akhir tahun lalu, menyusul akan hadir BCA Syariah dan Bank Jabar Banten Syariah.


antique.putra@vivanews.com

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024