Bank BUMN Dukung Perusahaan-perusahaan 'Unicorn'

Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Sepanjang tahun 2015 ada beberapa perusahaan startup atau perusahaan rintisan di bidang teknologi dan valuasi muncul ke ranah bisnis Tanah Air.  Bukalapak.com dan mataharimall.com merupakan satu di antara perusahaan e-commerce yang disiapkan menjadi “Unicorn.”

Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
Unicorn ini adalah sebutan bagi perusahaan e-commerce yang memiliki 70 startup (perusahaan rintisan) sebagai anggota. Nilai valuasi perusahannya harus mencapai US$1 miliar atau bahkan lebih. 
 
Dana Deklarasi Tax Amnesty Bank Mandiri Sudah Rp70 Miliar
Pemerintah pun memiliki rencana untuk membentuk dua Unicorn dalam setahun. Direktur Utama PT Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan sebagai seorang bankir, proyek Unicorn tentunya sangat menarik untuk mengembangkan bisnis bank ke ranah digital. 
 
BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
Apalagi, Unicorn pertama Indonesia dalam waktu dekat segera meluncur.
 
"Banyak orang berbicara mengenai Unicorn. Unicorn pertama Indonesia hampir terwujud, yaitu di startup bidang teknologi keuangan. Kami merasa ini peluang di bisnis digital," kata Budi, dalam sambutannya Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmount Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016.
 
Apalagi, lanjut Budi, perusahaan-perusahaan startup justru dipimpin oleh kalangan muda yang masih segar akan kreativitas dalam mengembangkan bisnis tersebut. 
 
Peluang ini, kata dia, harus dimanfaatkan tidak hanya bagi bankir, melainkan semua pihak.
 
"Perkiraan investasinya itu mencapai lebih dari US$4 miliar. Ini adalah peluang," ujar Budi. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya