DPR Pertanyakan Kecilnya Sumbangan Sektor Minerba ke Negara

Ilustrasi pengeboran minyak
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Komisi VII DPR RI bertandang ke kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) di  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Komisi ini mempertanyakan pendapatan negara di sektor minerba.

United Tractors Akan Produksi Tambang Emas
"Pendapatan dari minerba ini kecil sekali. PNBP (pendapatan negara bukan pajak) mereka cuma Rp35 triliun. Menurut saya, terlalu kecil, maka saya pikir ada sesuatu yang salah di sini," kata Wakil Ketua Umum Komisi VII DPR, Fadel Muhammad, di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Jakarta, Senin, 1 Februari 2016.
 
Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi
Karena itu, kata Fadel, pihaknya berkunjung ke Direktorat Minerba Kementerian ESDM untuk melihat lebih lanjut masalah dan hal-hal apa saja yang bisa diperbaiki, sehingga negara bisa mendapatkan PNBP yang lebih besar.
 
Enam Bulan, Realisasi Investasi Energi Mencapai US$876 Juta
"Ternyata, dari sini saya melihat kadang-kadang peraturan minerba ini, Keputusan Menteri (Kepmen) dibuat hanya untuk kepentingan kelompok-kelompok tertentu. Kan, banyak hal yang seperti itu. Nah, itu mesti dibenahi dan diperbaiki," kata dia.
 
Fadel juga melihat adanya tumpang tindih aturan dan tidak jalannya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 
 
Hal ini disebabkan Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM tak punya perpanjangan tangan di daerah.
 
"Ini karena Direktorat Minerba Kementerian ESDM tidak punya perwakilan di daerah. Lain sama Kementerian Keuangan dan kementerian lainnya," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya