Toshiba dan Panasonic Tutup, Kemenperin Tunggu Berita Resmi

Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan, hingga saat ini pihak Toshiba dan Panasonic belum melaporkan secara resmi soal tutupnya tiga pabrik perusahaan asal Jepang itu di Indonesia.

Karyawan Inpex Diminta Jangan Khawatir
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, mengatakan, selain belum melaporkan soal tutupnya pabrik, pihaknya juga belum mendapatkan laporan resmi soal adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ribuan karyawan yang dilakukan Toshiba dan Panasonic.
 
Jual Unit Bisnis Peralatan Medis, Saham Toshiba Melonjak
"(Sampai sekarang) kami sedang menunggu berita resmi dari Panasonic Gobel dan Toshiba," ujar Putu di Jakarta, Rabu 3 Februari 2016.
 
Blok Masela Tak Jelas, Karyawan akan Dirampingkan
Ia juga mengharapkan, pihak Toshiba dan Panasonic bisa memberikan penjelasan apa yang sebenarnya terjadi pada kinerja industri keduanya di Indonesia.
 
Seperti diketahui, selain menutup tiga pabriknya di Indonesia, Toshiba dan Panasonic dikabarkan telah merumahkan sekitar 2.500 karyawannya.
 
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)‎ memastikan, Toshiba telah menutup pabrik televisi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat. Dengan ditutupnya pabrik ini, menambah panjang catatan enam perusahaan Toshiba lain yang telah tutup dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
 
Kemudian, untuk Panasonic yakni Panasonic Lighting Indonesia (PLI), terakhir telah menutup perusahaannya di Pasuruan, Jawa Timur, di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya