Anak Muda Mulai Lirik Pasar Modal dan Keuangan Syariah

Financial Literacy Seminar Series 2016 (FLSS 2016)
Sumber :
  • Dokumentasi Bakrie Center Foundation
VIVA.co.id
Bisnis Sesuai Prinsip Syariah Versi Ilham Habibie
- Kepekaan dan pengetahuan terhadap produk maupun sistem keuangan merupakan langkah awal dalam memiliki perencanaan keuangan yang baik. Saat ini, menurut survei dari salah satu bank swasta Indonesia, kebanyakan pemuda saat ini lemah dalam pengetahuan terhadap hal tersebut. 

Pertumbuhan Keuangan Syariah RI Kalah dari Malaysia
Sebagai peran dan sumbangsih bersama untuk kondisi kepemudaan yang lebih baik, platform kolaborasi anakmuda.net bekerja sama dengan Indonesian Stock Exchange (IDX), Bank Mandiri, Mandiri Institute, UIN Syarif Hidayatullah, Bakrie Center Foundation, Phintraco Securities, dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyelenggarakan Financial Literacy Seminar Series 2016 (FLSS 2016) di Jakarta akhir pekan lalu. 

Festival Pasar Modal Syariah Bidik 6.000 Pengunjung
Dikutip dalam keterangan yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 3 Februari 2016, lebih dari 200 peserta terlihat antusias mengikuti seminar yang kali ini mengangkat tema Pasar Modal dan Keuangan Syariah. 

Selain mengikuti seminar, merekapun dapat secara langsung mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan berbagai produk keuangan lewat booth dan pameran yang diadakan pada hari yang sama.

Seminar tersebut diisi oleh para pembicara yang merupakan praktisi dan akademisi di bidang pasar modal dan keuangan syariah. 

Pada sesi pertama, Kemas Rumaiyar dari Indonesian Stock Exchange, memaparkan terkait betapa mudahnya bagi mahasiswa untuk mulai menabung namun tidak dalam bentuk rupiah.

"Tetapi dalam bentuk saham, melalui bursa efek. Ini bisa diibaratkan seperti toko online terbesar di Indonesia," ujar Kemas.

Sementara itu, Moekti P. Soejachmoen, Head of Mandiri Institute, dan Arief Mufraini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah, mengutarakan potensi dan perkembangan keuangan syariah sebagai salah satu sistem andalan yang dapat menyaingi, bahkan di beberapa sisi mampu mengalahkan sistem konvensional. 

Adapun, turut menjadi moderator pada seminar ini adalah Founder dari anakmuda.net, Aryo Febrian Moedanton.

Seperti diketahui, acara Financial Literacy Seminar Series merupakan rangkaian kegiatan dari anakmuda.net pada 2016 dengan tema besar Tahun Kepemudaan yang Berkelanjutan (year of youth sustainability).

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya