Ada Disneyland dan Universal Studio di Lokasi Kereta Cepat

Groundbreaking pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung Barat, beberapa waktu silam.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan, proyek kereta cepat koridor Jakarta-Bandung akan mendukung pertumbuhan ekonomi di sekitar wilayah tersebut terutama di lokasi Transit Oriented Development (TOD).

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

TOD atau stasiun ini tersebar seperti di Karawang, Walini dan Tegal Luar. Ini akan menjadi tempat pertumbuhan bisnis yang berkembang.

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sahala Lumban Gaol, berkata bahwa di Walini nantinya akan dibangun pusat lifestyle seperti pembangunan Disneyland dan Universal Studio.
Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

"Misalnya di Walini, kita bikin Disneyland, Legoland, Universal studio, ada juga panggung musikal di sana. Kita bikin konsep gedung yang belum terpikir oleh orang, karena saya yakin TOD akan menciptakan pusat bisnis yang lebih besar," ujar Sahala dalam jumpa pers proyek kereta cepat, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis 4 Februari 2016. 
Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN

Ia juga membantah bahwa proyek kereta cepat adalah proyek yang dipaksakan seperti isu yang berkembang serta anggapan-anggapan masyarakat. Menurutnya, proyek ini strategis untuk mendukung pertumbuhan bisnis di wilayah setempat. 

"Ini merupakan kebutuhan dalam rangka menciptakan pusat-pusat pertumbuhan  sepanjang koridor Jakarta Bandung, sebagai multiplier efek di sepanjang koridor itu," kata dia. 

Ia juga menyampaikan, jika nanti Light Rapid Transit (LRT) yang dibangun di Jabodetabek akan membuat akses masyarakat semakin mudah menuju ke Bandung dan sebaliknya. 

"Misalnya nanti kalau LRT ke Halim sudah selesai, lalu naik kereta cepat dari Halim ke Walini, itu kurang dari satu jam, kita bisa kembangkan untuk wisata. Atau misalnya ada yang dari Medan, dia sampai ke Jakarta, mau ke Walini ada Universal Studio, dia akan capai dari Jakarta cuma 45 menit," tutur dia. 

Lingkungan di Walini juga akan terus dikembangkan konsep green yaitu 70 persen untuk ruang terbuka hijau dan 30 persen untuk pengembangan daerah. Sementara untuk pusat bisnis akan dipusatkan di TOD Karawang dan TOD Tegal Luar.

"Nah kalau Di Walini ini, juga akan kita kembangkan health center, university, dan riset, isu-isu suvenir, budaya akan muncul di sini. Sebagai atraksi yang bagus sebagai barang yang baru," kata dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya