Jelang Rilis Makro Ekonomi, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

bursa efek indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan
-  Pada perdagangan akhir pekan ini, peluang penguatan lanjutan indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan akan terbatas dibayangi aksi ambil untung pemodal.

IHSG Bertengger di Zona Hijau, Beli Saham Kapitalisasi Besar
"IHSG diperkirakan bergerak di kisaran 4.620 hingga 4.710 berpeluang menguat terbatas," kata Analis First Asia Capital David N Sutyanto, Jumat 5 Februari 2016.    

Dibuka Menguat, IHSG Lanjutkan di Jalur Hijau
Menurutnya, sentimen domestik pasar akan digerakkan dengan data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang akan keluar akhir pekan ini yang diperkirakan mencapai 4,74 persen sepanjang 2015 lalu.

"Isu individual terkait rilis laba 2015 dari sejumlah emiten perbankan juga turut memicu pergerakan indeks," tuturnya.

Selain itu, redahnya risiko pasar saham global dan kawasan menyusul harga minyak mentah yang berbalik arah (rebound) dan pelemahan dolar Amerika Serikat memicu aksi beli pada perdagangan kemarin.

"Aksi beli pemodal juga digerakkan sentimen individual terkait rilis laba 2015 sejumlah emiten sektoral perbankan," ujarnya.

Sementara Wall Street tadi malam bergerak fluktuatif dan berhasil menguat terbatas. Indeks Dow Jones Industrial Average dan S&P masing-masing menguat 0,5 persen dan 0,1 persen tutup di 16.416,58 dan 1.915,45. Sedangkan harga minyak mentah tadi malam di AS terkoreksi 1,5 persen di US$31,81 per barel.

"Penguatan di Wall Street terutama dipicu sentimen pelemahan dolar AS dalam dua hari terakhir hingga berada di bawah posisi akhir 2015 lalu," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya