BPS: Pertumbuhan Ekonomi Tak Hanya di Jawa dan Sumatera

Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id -  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi sebesar 4,79 persen selama tahun 2015. Pulau Jawa masih mendominasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

"Secara 80,44 persen, pertumbuhan ekonomi kita itu disumbang oleh Jawa dan Sumatera. Jawa itu 58,29 persen dan Sumatera 22,1 persen," kata Kepala BPS, Suryamin, di kantor BPS Pusat, Jakarta, Jumat, 5 Februari 2016.

Kemudian, diikuti oleh Kalimantan sebesar 8,15 persen, Sulawesi 5,92 persen, dan 5,43 persen di pulau-pulau lainnya.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Suryamin mengatakan, selama 2015, laju pertumbuhan ekonomi tertinggi tidak hanya terjadi di Jawa dan Sumatera, tapi juga di Bali dan Nusa Tenggara. Laju pertumbuhan ekonomi di Bali dan Nusa Tenggara tercatat sebesar 10,29 persen, diikuti Sulawesi 8,18 persen, Maluku dan Papua sebesar 6,62 persen, Jawa sebesar 5,45 persen, Sumatera 3,54 persen, dan Papua sebesar 1,41 persen.

Berdasarkan laju pertumbuhan ekonomi, perekonomian di Indonesia tak lagi terpusat di daerah Jawa dan Sumatera, tapi bergeser ke daerah Indonesia tengah dan Indonesia timur. Penyebabnya adalah pembangunan infrastruktur di daerah-daerah tersebut mulai menggeliat.

Cari Data Investasi Lebih Akurat BKPM Gandeng BPS

"Ada perhatian lebih dari pemerintah pada tahun 2015, termasuk pembangunan infrastruktur seperti jalan kereta api dan jalan tol."


(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya