Perhatikan Tiga Fitur Penting Ini Saat Beli Rumah

Ilustrasi rumah
Sumber :

VIVA.co.id - Ketika memutuskan untuk membeli sebuah tempat tinggal, hal apa yang biasanya Anda perhatikan? Harga rumah, lokasi, lingkungan, legalitas, atau hal yang berkaitan dengan perizinan rumah? Hal tersebut, memanglah sangat penting untuk diperhatikan.

Namun, ada hal lainnya yang tak kalah penting ketika hendak memilih suatu hunian, apalagi untuk seumur hidup. Setidaknya, ada tiga poin penting yang jangan sampai terlewatkan dalam memilih tempat tinggal, baik rumah, apartemen, atau rumah susun.

Ventilasi


Ventilasi kerap disepelekan orang saat memilih tempat tinggal. Padahal, ventilasi termasuk ke dalam aspek penting untuk menunjang kenyamanan, kesehatan, dan aktivitas penghuni yang tinggal di dalamnya.

Menurut standar sehat yang dikeluarkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, ventilasi wajib ada di setiap ruangan di dalam rumah meski telah memasang AC. Keberadaan ventilasi akan sangat penting diletakkan I ruang dapur, karena berfungsi sebagai penetral udara di dalam rumah. Dapur yang tertutup berisiko memicu kebakaran.

Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru

Instalasi listrik dan air

Saat ini, tidak bisa dipungkiri, listrik dan air merupakan faktor penting penunjang kehidupan sehari-hari manusia. Meski tidak ada listrik, manusia tidak bisa hidup sedikit pun tanpa air. Untuk itu, pastikan ketepatan pemasangan komponen instalasi listrik dan air pada rumah yang akan dibeli sudah benar letaknya.

Cek kondisi instalasi listrik yang  terbebas dari masalah korsleting. Untuk air, Anda bisa menggunakan jasa air bersih dari PAM, atau jika membangun sumur di rumah, pastikan lokasi sumur ada di tempat yang tepat.

Drainase dan sanitasi

Tanyakan pada penjual rumah, apakah saluran air di rumah tersebut lancar, saluran limbah beroperasi dengan baik dan bagaimana proses pembuangan sampah dan sebagainya. Hal seperti inilah yang sering luput di mata pembeli ketika membeli sebuah hunian.

Meski terlihat sepele, hal tersebut sangat memengaruhi kenyamanan tempat tinggal untuk ditinggali. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari. (asp)

Ilustrasi pasangan membeli rumah pertama

Hindari Hal Ini Ketika Beli Rumah Pertama Kali

Semua orang tentu ingin memiliki rumah, apalagi bagi MBR.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016