Hidup Hemat dengan 5 Kemampuan Ini

Sumber :
  • Dokumentasi Halomoney

VIVA.co.id - Apakah Anda ingin hidup lebih hemat atau lebih boros? Tentunya ingin lebih hemat. Belajar hidup hemat merupakan salah satu keahlian penting yang perlu dimiliki semua orang, terutama bagi mereka yang penghasilannya mungkin tidak sebesar para CEO perusahaan teknologi ataupun artis-artis Hollywood. 

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
Salah satu yang menjadi tujuan utama dari hidup hemat adalah untuk menabung. Mengapa Anda perlu menabung? Tentunya untuk berbagai macam hal, seperti membeli gadget baru, melanjutkan kuliah, persiapan untuk pernikahan, atau untuk persiapan pensiun kelak.
 
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Nah, tahukah Anda kalau memiliki beberapa keahlian berikut ternyata berguna untuk meningkatkan penghematan yang bisa Anda lakukan? 
 
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Coba cek dan pelajari keahlian-keahlian tersebut jika Anda belum memilikinya ya.
 
1. Keahlian memasak
 
Punya keahlian memasak akan sangat menguntungkan untuk berhemat selama Anda punya niat. 
 
Luangkan waktu untuk membuat sendiri makan siang atau makan malam Anda. Selain lebih hemat, memasak bekal sendiri juga lebih menjamin makanan yang Anda buat aman dikonsumsi karena Anda sendiri yang membuatnya.
 
Bagi Anda yang tidak bisa memasak, cukup kuasai saja keahlian memasak yang sederhana, seperti memasak nasi atau membuat telur rebus. 
 
Penghematan yang Anda lakukan sudah cukup lumayan dengan memasak nasi dan membuat telur rebus sendiri. Baca juga: Yuk, Buka Restoran Sendiri dengan Modal Minim Sekarang Juga!
 
2. Keahlian mengolah dan menganalisis data
 
Jika Anda jago memanfaatkan aplikasi pengolahan data seperti Excel, Anda bisa membuat daftar pengeluaran Anda dan melakukan analisis. 
 
Anda dapat mengecek pengeluaran mana saja yang cenderung tidak diperlukan, tren kategori pengeluaran tertentu, dan hal-hal lain yang bisa Anda lihat kalau Anda punya keahlian pengolahan data yang bagus.
 
Kalaupun Anda kurang pede dengan Excel, Anda bisa memanfaatkan aplikasi smartphone untuk pengolahan data budget dan pengeluaran rutin Anda. 
 
Kuncinya adalah disiplin dan mau meluangkan waktu untuk mengeceknya. Baca juga: Kalau Jago, Kamu Bisa Beli Rumah Meski Gaji Hanya 3 Jutaan Lho!
 
3. Keahlian di bidang otomotif atau pertukangan
 
Kalau Anda punya keahlian yang satu ini, Anda bisa menghemat uang sekaligus waktu jika ada yang tidak beres dengan kendaraan Anda. 
 
Atau, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk membuat berbagai macam peralatan sederhana (DIY-do it yourself) untuk membantu hidup sehari-hari. Keahlian yang lumayan menarik, bukan?
 
4. Keahlian di bidang desain grafis
 
Jika Anda pandai memanfaatkan aplikasi desain grafis seperti Photoshop, ada banyak keuntungan yang Anda peroleh. Misalnya, Anda tidak perlu repot-repot menyewa orang untuk membuat desain kartu undangan pesta ulang tahun anak atau pesta perayaan lain. Anda tinggal membuat sendiri desainnya dan serahkan ke supplier pencetak kartu undangan.
 
Keahlian ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan uang. Ada banyak orang yang tidak jago dalam hal desain akan mencari-cari Anda untuk membuatkan mereka desain sederhana seperti logo atau kartu nama. 
 
5. Keahlian (dan keinginan) membaca
 
Bagaimana membaca dapat membantu Anda hidup hemat? Banyak membaca akan membuat wawasan Anda lebih luas untuk berbagai tips hidup hemat. 
 
Selain itu, belajar mengenai manajemen keuangan pribadi dan pengetahuan-pengetahuan keuangan dasar juga akan sangat membantu Anda untuk melakukan penghematan dan membuat keputusan finansial yang tepat.
 
Jika Anda termasuk ke dalam orang yang melek finansial, maka Anda akan dapat melakukan banyak penghematan dibandingkan mereka yang tidak melek finansial. Baca juga: Hanya 1 dari 3 Orang di Indonesia yang Melek Finansial! Kamu Masuk yang Mana?
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya