Angkutan Wisata Liar Berpotensi Rusak Citra Bali

Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Maraknya angkutan wisata liar membuat persaingan usaha menjadi tak sehat. Angkutan wisata liar ini berpotensi merusak citra pariwisata Bali. 

Geng Satu Darah Asal Belanda Bikin Onar di Kuta
Pada saat sama, Dinas Perhubungan (Dishub) lamban dalam mengambil tindakan. Alhasil, pelaku pariwisata yang geram dengan keberadaan angkutan wisata liar mengambil tindakan sendiri.
 
BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan
Salah satunya seperti yang dilakukan sejumlah orang yang mengatasnamakan Kelompok Peduli Pariwisata Bali (KPPB). 
 
Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
KPPB melakukan aksi sweeping terhadap sejumlah angkutan pariwisata liar di salah satu hotel di kawasan Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali.
 
Aksi sweeping dipicu ulah angkutan pariwisata liar yang hendak mengangkut sejumlah wisatawan. Aksi saling rebut wisatawan pun sempat terjadi. 
 
Saat beberapa rombongan turis hendak diangkut, KPPB langsung menghadang. "Rombongan turis ini masuk dalam list tamu milik travel agen yang lain, tapi mereka mau angkut ke Lembongan. Saat kami tanya izin travel dan list tamu yang mereka bawa, mereka tidak bisa tunjukkan," ungkap David, Koordinator KPPB, Senin, 8 Februari 2016.
 
Perdebatan sempat terjadi saat sopir kendaraan pengangkut wisawatan itu mengklaim tamu yang hendak dibawanya itu tamu miliknya. 
 
"Ini tamu kami," sahutnya. Sayang, dia tidak mampu menunjukkan list daftar tamu yang diminta. Buntutnya, sebagian rombongan turis Tiongkok yang hendak berwisata ke Lembongan memanfaatkan angkutan pariwisata liar itu pun urung bepergian.
 
Menurut David, aksi saling telikung rombongan wisatawan ini kerap terjadi di Bali. Tak hanya merugikan travel agen resmi yang mendatangkan wisatawan itu ke Bali, ulah sopir-sopir taksi yang kerap menawarkan paket jasa pariwisata ini juga membahayakan industri pariwisata di Bali. 
 
"Karena kalau turis-turis itu diangkut oleh sopir-sopir taksi liar, lalu terjadi apa-apa di jalan, yang bertanggung jawab adalah travel agen yang membawa mereka ke Bali," katanya. 
 
"Yang sering terjadi biasanya rombongan wisatawan Tiongkok. Karena itu, nanti kami akan koordinasi dengan asosiasi travel agen Divisi Mandarin," tambahnya.
 
Disinggung maraknya aksi telikung wisatawan ini, menurut David, lantaran adanya aksi nakal dari agensi asal Tiongkok yang berdomisili di negeri asalnya. Agensi itu, jelasnya, hanya bermodal situs online yang mengobral paket wisata dengan harga miring. 
 
"Agensi itu bekerja sama dengan guide-guide liar di Bali," ujarnya.
 
Selain itu, lanjutnya, juga adanya sopir-sopir taksi umum yang nakal. Yakni, dengan menawarkan angkutan pariwisata berukuran besar untuk mengantarkan rombongan wisatawan ke objek wisata. 
 
"Biasanya si turis yang naik taksi umum langsung ditawarkan untuk disediakan transportasi lebih besar, lalu dijemput di hotel tempat mereka menginap. Yang seperti ini lebih rawan karena tidak ada pertanggung jawaban keselamatan terhadap si turis," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya