Mau Ajukan KUR Bank Mandiri, Ini Syaratnya

Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Mulai Meningkat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
- PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp13 triliun tahun ini. Angka tersebut meningkat dari realisasi penyaluran KUR tahun lalu yang sebesar Rp3,5 triliun. 

Dana Deklarasi Tax Amnesty Bank Mandiri Sudah Rp70 Miliar
Dalam keterangan pers yang dikirim kepada VIVA.co.id, Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin merincikan, rencananya perseroan akan menyalurkan sejumlah Rp11 triliun untuk KUR ritel,  Rp1 triliun untuk KUR Mikro, dan Rp1 triliun untuk KUR untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
Bunga untuk pembiayaan KUR tersebut dipatok 9 persen efektif per tahun atau 0,4 persen flat per bulan. Menurutnya, KUR merupakan solusi keuangan terbaik untuk pengembangan bisnis wirausaha karena skim kredit yang relatif lebih mudah dan cepat diperoleh serta tingkat bunga yang cukup rendah

"Kami ingin menjadi sahabat bagi wirausaha mikro dengan memberikan dukungan finansial dan non finansial yang dibutuhkan agar mereka dapat terus berkembang dan bahkan, menciptakan lapangan kerja bagi anggota masyarakat lainnya," kata dia, Selasa, 9 Februari 2016.

Selain dukungan finansial, Budi melanjutkan, Bank Mandiri juga akan memberikan pendampingan kepada debitur mikro dalam berusaha, baik dalam pengembangan skala bisnis maupun dalam pemasaran dengan memanfaatkan basis nasabah perseroan.

"Pendekatan yang lengkap ini terbukti telah memberikan hasil yang optimal dengan banyaknya debitur KUR kami yang kni telah tumbuh menjadi pengusaha di segmen mikro, maupun komersial,' tuturnya.

Sebagai informasi, sejak pertama kali diluncurkan pada Oktober 2007 hingga akhir 2015, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp21,68 triliun KUR kepada 466.946 debitur di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sekitar 62,5 persennya atau sebanyak 292.102 debitur telah naik kelas dengan mendapatkan kredit non-KUR .

Sampai dengan tanggal 5 Februari 2016, penyaluran KUR Mandiri tahun 2016 telah mencapai Rp419,29 miliar dengan jumlah penerima 19.235 debitur, yang didominasi oleh sektor perdagangan dan sektor jasa. Dua wilayah penyaluran terbesar KUR Bank Mandiri adalah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dari nilai tersebut, sudah lebih dari Rp5 miliar disalurkan di wilayah Nusa Tenggara Barat kepada lebih dari 100 debitur.

Penyaluran tersebut dilakukan melalui jaringan mikro Bank Mandiri yang terus berkembang dan pada akhir tahun lalu telah meliputi 1.427 unit gerai Mandiri Mitra Usaha, 994 Cabang Mikro, dan 653 kios mikro. Saat ini, hampir 60 persen jaringan mikro Bank Mandiri berada di luar Pulau Jawa agar dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

"Bagi wirausaha mikro yang ingin mengakses KUR Bank Mandiri, agar bisa menghubungi jaringan mikro kami dengan membawa persyaratan seperti dokumen legalitas individu dan dokumen legalitas usaha, termasuk NPWP," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya