BTN Janji Turunkan Suku Bunga Kredit

Direktur Utama Bank BTN Maryono
Sumber :
  • Romys Binekasri / VIVA.co.id

VIVA.co.id - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berjanji segera menurunkan suku bunga kredit secara bertahap, setelah melalui mekanisme koordinasi dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor
Direktur Utama BTN Maryono, Selasa 9 Februari 2016, mengatakan langkah awal perseroan untuk menurunkan tingkat bunga akan dimulai dari penurunan suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR).
 
Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate
"Penurunan bunga akan dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus," kata Maryono di Menara BTN.
 
Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun
Ia merincikan, saat ini, tingkat suku bunga KPR bersubsidi sebesar lima persen, sedangkan untuk KPR nonsubsidi dalam rangka promo sudah diturunkan menjadi 6,6 persen. "Yang di luar promo, masih 10,6 persen," tuturnya.
 
Menurut Maryono suku bunga kredit tersebut akan kembali diturunkan secara bertahap dalam waktu dekat ini. "Penurunan ini tidak bisa hanya sepihak. Kami perlu adanya kerja sama regulator, seperti BI dan OJK," ujarnya.
 
Sebelumnya, Maryono menarget pertumbuhan kredit 2016 berkisar 18-20 persen, sedangkan dana pihak ketiga (DPK) sekitar 20-21 persen. "Kalau LFR (loan to financing ratio) akan kami jaga di atas 90 persen," kata dia.
 
Sementara itu,  laba bersih tahun ini diproyeksikan mencapai Rp2,4 triliun atau meningkat sebesar 40 persen (year-on-year). "Minimal laba bersih sampai akhir tahun ini naik 40 persen dibandingkan akhir 2014," ujar Maryono. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya