Hati-hati, Hal Sepele Ini Buat Anda Sulit Atur Keuangan

Sulit atur keuangan
Sumber :
  • Dokumentasi Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Sudahkah Anda belajar untuk mengelola keuangan pribadi? Keahlian untuk mengelola kondisi finansial pribadi merupakan hal penting yang perlu dimiliki oleh semua orang. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Tanpa hal ini, bisa-bisa Anda akan mudah untuk jatuh ke dalam hidup boros, terjebak utang besar, atau bahkan harus bekerja seumur hidup tanpa bisa pensiun. 

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Terdengar cukup menyeramkan, bukan? Kesadaran untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan pribadi memang sudah mulai meningkat belakangan ini, untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut. 

Beberapa orang mungkin sudah tahu cara mengatur keuangan pribadi, seperti menerapkan kebiasaan untuk membuat anggaran pengeluaran, tapi ternyata tetap saja tidak terkontrol.

Apa saja sih yang menjadi penyebab seseorang sulit untuk melakukan pengelolaan keuangan pribadi? 

Coba cek empat hal yang terkesan sepele, namun sering menjadi penyebab cara mengatur keuangan pribadi menjadi sulit melakukan hal tersebut:

1. Sulit menahan dorongan impulsif saat berbelanja

Apa itu impulsif dalam berbelanja? Contohnya seperti ini. Anda sedang berbelanja di supermarket untuk beli buah dan bahan masakan lain, kemudian melihat ada diskon untuk produk kosmetik yang tidak Anda perlukan. 

Karena sedang diskon, Anda tidak berpikir panjang dan langsung memasukkannya dalam kantong belanja.

Contoh lain, Anda sedang stres di kantor dan melampiaskannya dengan belanja tas atau sepatu baru yang sedang diskon di mal, meski sebenarnya tidak begitu butuh. 

Kalau Anda merasa impulsif dalam belanja, coba kenali penyebabnya untuk bisa mengatasinya.

Misalnya, coba gunakan notes kebutuhan belanja agar Anda lebih dapat mengerem diri untuk tidak belanja barang di luar notes tersebut. 

Lalu, kalau Anda tipe yang sering stress karena urusan kantor, mintakan teman dekat Anda untuk selalu mengingatkan agar tidak menghamburkan uang untuk belanja saat stres. Baca juga: Suka Belanja Dengan Mata Uang Asing? Awas Tagihan Kartu Kredit Bisa Bengkak!

2. Suka menunda-nunda dan juga malas

Alasan klise yang satu ini merupakan salah satu penyebab utama mengapa seseorang sulit untuk menjaga anggaran pengeluarannya terkontrol baik. 

Selain malas membuat komitmen jumlah uang yang dikeluarkan setiap bulan, ada juga yang memang suka menunda penghematan.

Misalnya, hari ini Anda terlanjur sudah makan di restoran dan berjanji besok akan masak dan membawa bekal sendiri. 

Ternyata, keesokan harinya lupa bangun untuk memasak dan akhirnya kembali makan di restoran. Hal ini terjadi berulang kali hingga akhirnya Anda memutuskan untuk tetap makan di restoran.

Yah kalau begini, kapan bisa mulai berhemat? Baca juga: Yuk, Hemat Sampai Rp 10 juta Dengan Pakai Kartu Kredit Yang Pas!



3. Berada di lingkungan pergaulan yang salah

Apakah saat ini Anda berada dalam lingkaran pergaulan orang-orang yang doyan shopping barang mewah, atau jalan-jalan ke luar negeri? 

Tergantung kondisi keuangan dan ketahanan mental Anda, kemungkinan besar Anda akan mudah terbawa dalam kebiasaan mereka yang mudah mengeluarkan uang.

Tidak semua orang memiliki latar belakang keuangan yang sama. Misalkan, teman-teman Anda memang sudah kaya dan memiliki banyak uang untuk dibelanjakan sedangkan Anda sendiri masih hidup pas-pasan, sebaiknya berpikir dua kali untuk mengikuti gaya hidup mereka. Jadilah diri Anda sendiri kalau memang Anda tidak senang.

4. Tidak tahu, tidak peduli, atau tidak memikirkan masa depan

Mungkin Anda berpikir masih muda atau masih sehat, sehingga harus memanfaatkan masa ini sebaik-baiknya dengan bersenang-senang. 

Sayangnya, prinsip ini sering membuat seseorang menghabiskan banyak uang demi kesenangan sekejap yang tidak membawa manfaat untuk masa depan Anda.

Cara yang paling bijak adalah memikirkan bagaimana caranya Anda bisa tetap menikmati hidup sambil mempersiapkan masa depan yang cerah untuk Anda. 

Anda bisa mempelajari berbagai tips-tips menghemat yang tidak berat dan menyenangkan sambil menabung untuk masa depan Anda. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya