Bupati Timika Minta Freeport Bangun Smelter di Pomako

Sumber :
  • VIVA.co.id/Nila Chrisna

VIVA.co.id - Bupati Timika, Eltinus Omaleng menyatakan, Pemerintah Kabupaten Mimika telah menyiapkan lahan seluas tiga ribu hektare, apabila Freeport mau membangun fasilitas pemurnian mineral tambang atau smelter di tanah Papua.

Antam dan Inalum Kerja Sama Bangun Smelter

Dijelaskannya, pembangunan smelter di Papua sangat masuk akal, karena sumber mineral tembaga yang dieksploitasi juga berasal dari perut bumi Papua, bukan di Jawa Timur.

"Tidak ada alasan lagi bagi Freeport untuk membangun smelter di Gresik. Apakah Gunung Grasberg (lokasi penambangan Freeport) itu berada di Surabaya?" kata Eltinus saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Kementerian ESDM dengan komisi VII, Selasa 9 Februari 2016.

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Ia menegaskan, bahwa dirinya dan masyarakat Papua menginginkan pembangunan smelter PT Freepot Indonesia ditempatkan di daerahnya, tepatnya di Pomako, Kabupaten Mimika, Papua.

"Kalau mau bangun di Gresik, tidak  mau saya. Saya tidak  mau lagi  bicara dengan orang pencuri itu (Freeport). Dia harus bangun di Papua," kata Eltinus.

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

Eltinus mengungkapkan, jika Pemerintah Mimika sudah melakukan cek lokasi untuk pembangunan smelter di Papua.

"Di Pomako itu ada tiga ribu hektare lahan yang kami siapkan.  Kita sudah cek  lokasi untuk itu. Jadi, tidak ada lagi yang dibangun di Gresik sana, lebih baik bangun di Mimika," ujarnya

Selain menuntut pembangunan smelter di Papua, Eltinus juga menyampaikan beberapa poin yang menjadi tuntutan masyarakat dan pemerintah daerah Papua, jika Freeport ingin mendapat perpanjangan operasi kegiatan.

"Pertama, kami menuntut saham, saham harus dimiliki oleh masyarakat Papua dalam bentuk 'Golden Share'.  Selain itu, kami menginginkan pimpinan Freeport, yang saat ini masih kosong setelah mundurnya Maroef Syamsuddin, adalah putra Papua asli," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya