Hambatan Pembangunan Infrastruktur Versi Menko Darmin

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id
VIVA.co.id
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
- Rencana pemerintah menggenjot pembangunan infrastuktur memang tidak bisa dipandang  sebelah mata. Namun terkadang, implementasi dari pembangunan masih terkendala beberapa hambatan, yang pada akhirnya memengaruhi kelangsungan dari proyek itu sendiri.

Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjabarkan, ada sejumlah masalah utama yang selama ini menghambat jalannya pembangunan yang sudah dirancang dengan matang, tetapi terkendala dari sisi implementasi di lapangan.

Menteri Darmin: Belanja APBN-P 2016 Akan Dipangkas Rp133,8 T
"Mulai dari regulasi yang tidak sederhana, bahkan ada yang tumpang tindih. Bahkan, kapasitas institusional kita dalam skema hubungan Public Private Partnership (PPP) itu masih adala masalah soal proses perizinan," ujar Darmin saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu, 10 Februari 2016.

Di samping itu, lanjut Darmin, penyiapan proyek pembangunan juga masih menjadi kendala utama terhambatnya implementasi di lapangan. Minimnya koordinasi antar pemangku kepentingan yang kurang sinkron masih menjadi masalah yang menhantui.

"Ada suatu proses perundingan yang berkepanjangan, dimana kemudian membuat keputusan terlalu lama untuk diambil. Jadi kurang terpadu. Belum lagi kurang memadainya kapasitas pihak-pihak untuk sediakan infrastuktur. Ketidaksesuaian pendanaan dengan kebutuhan infrastruktur, karena kurang matangnya persiapan," kata dia.

Mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan ini menegaskan, pemerintah pun tidak pasrah dalam menghadapi kendala-kendala yang menghadang. 

"Kami masih dalam proses penyempurnaan. Penyelesaian itu bukan saja terlihat dari paket kebijakan, tetapi dari berbagai Kementerian/Lembaga yang berusaha melakukan perbaikan prosedur dalam pengambilan keputusan," tegas Darmin.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya