Industri Kereta Minta Dilibatkan dalam Proyek Kereta Cepat

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id - Industri komponen kereta api dalam negeri meminta pemerintah, agar diikutsertakan dalam penggarapan proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung. Dengan begitu, industri komponen kereta api lokal bisa berkontribusi dalam proyek ini.

Soal Kereta Cepat, Menhub Budi Tak Mau Gegabah
"(Teknologi) kereta cepat masih hal baru untuk industri komponen," kata Ketua Umum Asosiasi Industri Penunjang Perkeretaapian Indonesia, Tony Budi Santosa, di Kementerian Perindustrian, Rabu 10 Februari 2016.
 
Reuters Klarifikasi Berita Rini Soal Kasus Korupsi China
Meskipun demikian, Tony optimistis komponen kereta api sudah bisa dibuat di dalam negeri. Misalnya, interior kereta api, seperti kursi penumpang dan roda kereta. 
 
Brudirect Klarifikasi Berita Rini di Kasus Korupsi China
Dengan begitu, diharapkan komponen-komponen kereta untuk kereta cepat juga bisa dipasok dari industri dalam negeri.
 
"Harapnnya, tidak langsung dipasok dari sana, karena teman-teman sudah bisa suplai," kata dia.
 
Tidak hanya itu, Direktur PT Barata Indonesia ini mengaku optimistis, industri komponen lokal untuk kereta menyebut bisa membangun sarana dan prasarana lainnya untuk proyek kerja sama Indonesia dengan China ini.
 
"Perusahaan-perusahaan karya di Indonesia, dari segi sarana bisa membangun jalurnya. Makanya, kami mengharapkan sarana dan prasarana konstruksinya jangan sampai yang mengerjakan itu China juga," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya