Jawa Barat Favorit Investor, Serap 300 Ribu Tenaga Kerja

PT Nesia Pan Pacific (NPP) Clothing
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rochimawati

VIVA.co.id -  Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi di Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2015 berhasil menyerap tenaga kerja hingga 301.474 orang atau berkontribusi sebesar 21 persen dari total penyerapan tenaga kerja di Indonesia sebesar 1.435.704.

Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei
Jumlah penyerapan tenaga kerja tersebut lebih tinggi dibandingkan provinsi lain yang ada di Pulau Jawa, yaitu: Jawa Tengah yang mencapai 161.811 tenaga kerja, Jawa Timur sebesar 130.112 orang, serta DKI Jakarta sebesar 121.224 orang.
 
Retribusi Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing Naik
Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan penyerapan tenaga kerja dari realisasi investasi di Jabar merupakan yang paling banyak di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa investasi di Jabar tetap bergerak sehingga dapat
berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja.
BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
 
“Jawa Barat memang masih menjadi daerah tujuan investasi favorit di Indonesia. realisasi investasi di Jawa Barat sepanjang tahun 2015 sebesar Rp98 triliun, merupakan tertinggi di Indonesia. Dengan penyerapan tenaga kerja yang terbesar menunjukkan korelasi positif masuknya investasi dengan tumbuhnya lapangan kerja," ujar Franky dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVA.co.id, Kamis 11 Februari 2016.
 
Ia menambahkan, guna mendukung percepatan penyerapan tenaga kerja, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Perindustrian untuk memastikan ketersediaan SDM siap kerja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya