Tujuh Jurus Sukses Bisnis Laundry

Pengoperasian Pabrik Mesin Cuci LG
Sumber :
  • Antara/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Bisnis laundry, unit usaha layanan pembersihan baju dan aksesori fashion lainnya dengan cara mencuci, mengeringkan, hingga setrika, kini kian menjamur. Mulai dari sistem satuan sampai kiloan.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Bisnis ini memang memiliki peluang yang cerah karena permintaan dari pasar yang tinggi, karema itu tak heran jika banyak yang menjalankannya. 


Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Meski demikian, siapapun termasuk Anda yang akan menjalankan bisnis laundry ini masih berpeluang dan berkesempatan untuk meraih sukses. Lalu apa saja jurus jitu dan efektif untuk menjalankan bisnis laundry ini dengan sukses? Berikut ulasannya.

Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs
1. Pilih lokasi usaha yang tepat

Lokasi usaha yang tepat untuk bisnis laundry adalah lokasi yang ramai dan strategis. Usahakan untuk menempatkan usaha laundry Anda pada lokasi-lokasi yang umumnya stinggi peminat, seperti mahasiswa, pekerja kantor atau pekerja lainnya. 

Satu hal lagi yang perlu Anda cermati adalah lokasi yang strategis. Lokasi usaha yang strategis sendiri adalah lokasi yang berada di persimpangan jalan atau di pinggir jalan besar. Ini karena orang yang lalu lalang di sekitar jalan tersebut akan langsung mengenal bisnis Anda.


2. Lakukan survei usaha

Meskipun telah memiliki lokasi usaha yang tepat, Anda juga perlu melakukan survei usaha. Mengapa demikian? Sebab dengan melakukan survei Anda akan mampu mengenali lingkungan Anda, kompetitor Anda dan juga target pasar yang lebih jelas. 

Nah dari sini Anda bisa memilih strategi yang tepat jika memang diketahui Anda memiliki pesaing yang kuat. Dari hasil survei yang ada, Anda juga bisa menerapkan promosi yang tepat bagi target pasar yang banyak terdapat di lingkungan lokasi usaha tersebut.

3. Perhatikan waktu pengerjaan

Jasa laundry memang sangat berhubungan dengan waktu. Karena umumnya konsumen yang datang akan menanyakan waktu selesainya pengerjaan. Di sini Anda perlu cermat dalam menentukan waktu.

Sebab bila Anda ceroboh dan memaksakan diri untuk mengambil permintaan dari konsumen sementara sudah tidak mampu, maka konsumen bisa sangat kecewa ketika mendapati pakaiannya belum selesai dikerjakan. 

Karena itu, sadari kemampuan sendiri dalam menyelesaikan permintaan, jangan memaksakan kehendak hanya karena ingin mendapat uang lebih.


4. Berikan harga promo dan potongan harga

Ingat, sudah ada puluhan bahkan ratusan pengusaha laundry yang ada di sekitar Anda. Untuk bisa sukses, Anda mau tak mau harus menerapkan beberapa terobosan dan strategi yang berbeda. Dari sini Anda bisa menjalankan taktik pemberian harga promo selama masa launching (pembukaan usaha). 

Pemberian harga promo (potongan harga) juga bisa Anda terapkan dengan penggunaan dan penerapan jumlah kupon. Jadi saat pelanggan mencuci mereka akan mendapat satu kupon dan bila kupon telah mencapai jumlah tertentu, Anda bisa memberikan harga promo atau bahkan harga cuma-cuma ada pelanggan Anda. 

5. Gencarkan promosi

Dalam berbisnis, mau tak mau Anda harus menggencarkan promosi. Ya ini memang satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan atau menambah jumlah konsumen jasa laundry Anda.

Cara ini sendiri bisa Anda tempuh dengan beberapa cara seperti teknik email blast, SMS blast, penggunaan buzzer di media sosial atau iklan di media yang populer. Namun harus Anda ingat bahwa cara ini membutuhkan dana yang tidak sedikit.


6. Berikan layanan ekstra

Setiap usaha jasa laundry pastinya memiliki layanan tersendiri. Tapi bila merasa sudah membuat terobosan layanan dengan baik namun belum membuahkan hasil, Anda perlu merenung dan memikirkan satu hal berikut ini. 

Bisa jadi layanan yang Anda berikan sejauh ini juga dilakukan oleh pesaing Anda. Karena itu, Anda bisa membuat penambahan layanan ekstra seperti jasa antar kirim, layanan 24 jam dan lainnya. Dengan layanan ekstra, konsumen merasa akan lebih diuntungkan sehingga mereka akan memilih usaha jasa laundry Anda.

7. Kembangkan jadi bisnis waralaba

Cara ini akan sangat efektif untuk yang menginginkan usaha jasa laundry Anda makin berkembang dan meluas. Karena hanya bermodal brand atau merk usaha Anda bisa menarik mitra untuk bergabung dan bersama-sama mengembangkan usaha laundy ini dengan sistem bagi hasil. 

Namun yang harus diingat dari jurus yang terakhir ini adalah Anda harus bisa menciptakan brand usaha yang kuat terlebih dahulu dan telah mendapatkan kepercayaan dari banyak konsumen.

Jalankan dengan disiplin!

Demikianlah beberapa informasi dan penjelasan mengenai jurus jitu untuk menjalankan bisnis laundry dengan sukses. Namun ada satu hal yang perlu Anda pahami agar jurus ini membuahkan hasil sukses yaitu Anda harus menjalankannya dengan penuh kedisiplinan dan berkelanjutan. 
Selain itu perjuangan dan kerja keras juga sangat diperlukan agar jurus sukses ini bisa berhasil membawa Anda pada kesuksesan usaha.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya