Ini Nilai Gaji 10 Perusahaan Telekomunikasi Ternama RI

XL Axiata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, merilis hasil analisis tingkat kepuasan karyawan perusahaan telekomunikasi di Indonesia terhadap gaji dan tunjangan mereka.

Dikutip dari siaran persnya, Jumat 12 Februari 2016, Jobplanet mengambil sampel 10 perusahaan telekomunikasi yang telah mendapatkan review terbanyak dari para karyawan dan mantan karyawan mereka.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat

Kesepuluh perusahaan tersebut adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Ooredoo (Indosat), PT XL Axiata Tbk (XL), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), PT Telkom Akses, PT Huawei Tech Invesment (Huawei), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Ericsson Indonesia (Ericsson), dan PT Supra Primatama Nusantara (Biznet).

Survei ini berdasarkan 4.000 konten, meliputi review perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan wawancara. Dari keseluruhan konten tersebut, sekitar 2.200 di antaranya merupakan informasi gaji yang berasal dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan.

Dalam menganalisis gaji, Jobplanet mengelompokkan karyawan perusahaan telekomunikasi berdasarkan posisi mereka di perusahaan, yakni level staf dan manajer, serta bidang pekerjaan mereka, yakni teknis dan non-teknis. Profesi di bidang teknis, misalnya berhubungan dengan TI (teknologi informasi) dan R&D (riset dan pengembangan). Sementara itu, profesi di bidang non-teknis, misalnya berhubungan dengan marketing, sales, dan desain.

Menurut data yang dirangkum oleh Jobplanet, rata-rata gaji staf teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi berada di kisaran Rp4,1 juta–Rp7,6 juta. Sementara itu, rata-rata gaji staf non-teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, berada di kisaran Rp3 juta–Rp8,2 juta.

Sedangkan rata-rata gaji manajer teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp10,3 juta–Rp 20,75 juta, dan rata-rata gaji manajer non-teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp9,75 juta–Rp22,6 juta.

Kemudian, gaji rata-rata staf teknologi informasi (TI) di tiga perusahaan operator terbesar di Tanah Air, yakni Telkomsel, XL, dan Indosat. Rata-rata gaji staf TI di Telkomsel adalah Rp4,7 juta. Sementara itu, rata-rata gaji staf TI di XL Rp5,1 juta dan di Indosat Rp4,1 juta.

Di bidang non-teknis, Jobplanet mengambil contoh gaji rata-rata staf marketing di tiga perusahaan yang sama. Rata-rata gaji staf marketing di Telkomsel adalah Rp4 juta, sedangkan rata-rata gaji staf marketing di XL adalah Rp5 juta dan di Indosat Rp4 juta. (asp)

Apple iPhone.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia

Direksi Apple sudah datang ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016