Empat Wanita Miliarder dan Sejarah Kekayaan Mereka

Laurene Powel Jobs
Sumber :
  • BusinessInsider
VIVA.co.id
Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan
-
Business Insider
Ketika Dompet Tebal Berisi Kertas Kumal
baru-baru ini menerbitkan daftar 50 orang terkaya di bumi dengan data yang diberikan oleh Wealth-X, sebuah perusahaan yang melakukan penelitian pada miliarder. Namun dari 50 orang kaya tersebut, hanya delapan persen adalah wanita. 

Gaya Hidup Mewah CEO Yahoo Marissa Mayer
Mereka di antaranya adalah Laurene Powell Jobs, istri dari Steve Jobs, Mars Inc pewaris Jacqueline Mars, L'Oreal pewaris Liliane Bettencourt, dan Walmart ahli waris Alice Walton -, dan masing-masing  dari perempuan ini mendapatkan kekayaan dari warisan yang mereka bangun. 

Sementara itu, lebih dari dua-pertiga dari 50 orang terkaya di dunia adalah mereka yang membangun kekayaan dari belum memiliki apapun. 

Saat ini karena lebih banyak perempuan memegang posisi yang menguntungkan, jumlah miliarder perempuan di seluruh dunia terus meningkat: Sekarang ada 145 miliarder perempuan, naik dari 22 pada tahun 1995. Namun, itu masih jauh dari 1.202 pria yang menjadi miliarder. 

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan memberikan lebih banyak uang daripada rekan-rekan pria mereka di semua tingkat pendapatan.

Dan empat wanita terkaya di dunia ini memiliki catatan yang kuat tentang sejarah kekayaan mereka. 

1. Laurene Powell Jobs
Kekayaan bersih: US$14,4 miliar
Umur: 52
Negara: AS
Industri: Media
Sumber kekayaan: Warisan; Disney

Janda salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, Laurene Powell Jobs mewarisi kekayaannya dan aset, termasuk 5,5 juta lembar saham Apple dan saham 7,3 persen di The Walt Disney Co, setelah kematian suaminya. 

Saham Jobs di Disney - yang nilainya naik hampir tiga kali lipat dalam sejak kematian suaminya pada tahun 2011 dan terdiri dari lebih dari $12 miliar dari kekayaan bersihnya - membuat dia pemegang saham perorangan terbesar perusahaan.

Pada tahun 1997, ia mendirikan Perguruan Tinggi Track, program setelah sekolah yang membantu siswa berpenghasilan rendah mempersiapkan dan mendaftarkan diri di perguruan tinggi. 

2. Jacqueline Mars

Kekayaan bersih: US$2,8 miliar
Umur: 76
Negara: AS
Industri: Permen
Sumber kekayaan: Warisan; Mars Inc

Tiga bersaudara Forest, Jacqueline, dan John Mars mewarisi saham pembuat permen dengan merek Mars Inc ketika ayah mereka, Forrest Sr., meninggal pada 1999. 

Dikenal sebagai trio co-tetapi mereka tidak secara aktif mengelola M & M dan Bima Sakti bar, yang dibuat oleh kakek mereka sejak tahun 1931 sebagai usaha penganan di dapur di Tacoma, Washington.

Pada tahun 2008, Mars Inc mengembangkan diri dari permen coklat ke produk lain dengan mengakuisisi Wrigley Jr Co sebesar US$23 miliar.
 
Bersama tiga bersaudara menjalankan Mars Foundation, yang memberikan beasiswa terutama untuk pendidikan, lingkungan, budaya, dan yang berhubungan dengan kesehatan.

3. Liliane Bettencourt

Kekayaan bersih: $ 29000000000
Umur: 93
Negara: Prancis
Industri: Kosmetik
Sumber kekayaan: Warisan / buatan sendiri; L'Oreal Group

Pewaris produk kosmetik L'Oreal dan pemegang saham terbesar perusahaan, Liliane Bettencourt adalah wanita terkaya di Eropa dan wanita terkaya kedua di dunia, dengan kekayaan bersih US$29 miliar. 

Alicia Walton, wanita kaya di dunia

4. Alice Walton

Kekayaan bersih: US$33,2 miliar
Umur: 66
Negara: Amerika Serikat
Industri: Ritel
Sumber kekayaan: Warisan; Walmart

Putri mendiang pendiri Walmart Sam Walton, Alice Walton adalah wanita beruntung karena mendapat kekayaan dari warisan. 

Meskipun dia tidak pernah mengambil peran aktif dalam menjalankan superstore seperti saudara-saudaranya.

Walton lebih banyak menghabiskan waktu di dunia seni dibandingkan di Walmart. Pada tahun 2011, ia membuka Crystal Bridges Museum di Arkansas, di mana sejumlah lukisan yang terkenal yang dipajang.

Walton juga baru-baru ini menyumbangkan 3,7 juta saham Walmart nya untuk keluarga nirlaba dan menempatkan peternakannya Texas. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya