Pengganti Kantong Plastik Ala Pedagang Pasar

Kantong plastik
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Pasar Tradisional Paling Gereget Sedunia
- Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKPPI) menegaskan komitmennya mengurangi penggunaan kantong plastik dalam transaksi perdagangan yang dilakukan. Kantong organik pun disiapkan sebagai penggantinya. 

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Yaik di Semarang
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IKAPPI, Abdullah Mansuri mengatakan, pihaknya mendorong penggunaan daun dan kertas untuk membungkus barang-barang belanja konsumen. Bahan-bahan pengganti kantong plastik itu dinilai ramah lingkungan, karena bisa didaur ulang dengan cepat.

Pasar Tradisional Desa Tertinggal Jadi Sasaran Revitalisasi
"Untuk barang-barang yang besar, (pedagang) bisa menggunakan anyaman," kata dia ketika dihubungi VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 17 Februari 2016.

Wacana ini, kata Mansuri, digulirkan seiring dengan kebijakan pemerintah tentang penggunaan kantong plastik berbayar di ritel modern. Sekadar informasi, kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi limbah plastik dan akan dirilis secara resmi pada 21 Februari 2016.

Menurutnya, surat tentang bahaya penggunaan kantong plastik dan imbauan pengurangan penggunaan kantong plastik akan segera diedarkan untuk para anggota. Sehingga, implementasinya bisa cepat dilakukan. 

"Hari ini, kami akan mengedarkan surat di beberapa paguyuban (pedagang pasar). Kami setuju (penerapan kebijakan ini) kalau untuk perbaikan alam," kata dia.

Namun, lanjut Mansuri, pemerintah harus melibatkan pedagang pasar untuk membahas kebijakan ini, jika ingin menerapkannya di pasar tradisional. Sosialisasi pun harus terus dilakukan agar pedagang bisa mendapatkan informasi secara lengkap.

"Kalau bisa dipenuhi pemerintah, kebijakan ini akan sukses (Diterapkan di pasar tradisional)," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya