Begini Cara Perusahaan Ritel Kampanye Plastik Berbayar

Kantong plastik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (APRINDO) mendukung kampanye kantong plastik berbayar. Asosiasi ini mengklaim beberapa anggotanya telah mensosialisasikan kampanye ini kepada masyarakat.

"Ada yang berupa tempelan (yang berisi pemberitahuan). Ada yang berupa penjelasan," kata Wakil Ketua Umum APRINDO, Tutum Rahanta, di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat 19 Februari 2016.

Tutum mengatakan, pihaknya juga menyarankan kepada anggotanya, agar mengalokasikan bujet untuk sosialisasi kampanye. Dengan bujet ini, ritel bisa memberikan hadiah kepada konsumen yang membawa kantong sendiri untuk berbelanja, dan tidak menggunakan kantong plastik dari toko.

Misalnya, minimarket anggota APRINDO memberikan perangko khusus untuk konsumen yang tidak menggunakan kantong plastik minimarket, dan membawa kantong sendiri dari rumah.

"Dapat sepuluh stamp saja, lalu (pembeli) dapat suvenir," kata dia.

Tutum mengatakan, sosialisasi kantong plastik berbayar ini dilakukan selama tiga bulan sejak diluncurkan. Sekadar informasi, kebijakan ini akan dirilis pada 21 Februari 2016.

Setengah Tahun 2016, Laba Ramayana Naik 179,7 Persen

"Mungkin tiga bulan pertama sediakan bujet untuk mensosialisasikan ini," kata dia. (asp)

Usaha ritel minimarket

Aprindo Jelaskan Soal Minimarket Mainkan Harga

Pengaturan harga produk umumnya secara terpusat.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016