TUTUP
TUTUP
BISNIS

Begini Cara Perusahaan Ritel Kampanye Plastik Berbayar

Pembeli yang bawa kantong plastik sendiri akan dapat hadiah.
Begini Cara Perusahaan Ritel Kampanye Plastik Berbayar
Kantong plastik (Istimewa)

VIVA.co.id - Asosiasi Perusahaan Ritel Indonesia (APRINDO) mendukung kampanye kantong plastik berbayar. Asosiasi ini mengklaim beberapa anggotanya telah mensosialisasikan kampanye ini kepada masyarakat.

"Ada yang berupa tempelan (yang berisi pemberitahuan). Ada yang berupa penjelasan," kata Wakil Ketua Umum APRINDO, Tutum Rahanta, di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat 19 Februari 2016.

Tutum mengatakan, pihaknya juga menyarankan kepada anggotanya, agar mengalokasikan bujet untuk sosialisasi kampanye. Dengan bujet ini, ritel bisa memberikan hadiah kepada konsumen yang membawa kantong sendiri untuk berbelanja, dan tidak menggunakan kantong plastik dari toko.

Misalnya, minimarket anggota APRINDO memberikan perangko khusus untuk konsumen yang tidak menggunakan kantong plastik minimarket, dan membawa kantong sendiri dari rumah.

"Dapat sepuluh stamp saja, lalu (pembeli) dapat suvenir," kata dia.

Tutum mengatakan, sosialisasi kantong plastik berbayar ini dilakukan selama tiga bulan sejak diluncurkan. Sekadar informasi, kebijakan ini akan dirilis pada 21 Februari 2016.

"Mungkin tiga bulan pertama sediakan bujet untuk mensosialisasikan ini," kata dia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP