TUTUP
TUTUP
BISNIS

Jokowi Diminta Buka Moratorium TKI

Lapangan kerja di Indonesia semakin sedikit.
Jokowi Diminta Buka Moratorium TKI
TKI Ilegal Tiba di Jakarta (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id - Ketua Satuan Tugas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Nofel Saleh Hilabi, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut kebijakan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri.

"Dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) orang asing sangat mudah kerja di Indonesia. Pemerintah malah menutup pintu tenaga kerja kita ke luar negeri. Moratorium harus segera dibuka," kata Nofel di gedung DPR RI, Jakarta, Jumat, 19 Februari 2016.

Nofel menambahkan hingga saat ini lapangan kerja di Indonesia semakin sedikit. Dengan masuknya tenaga kerja asing akan membuat warga negara Indonesia semakin sulit mencari kerja.

"Salah satu solusinya segera buka moratorium ke luar negeri. Terutama ke Timur Tengah," ujar Nofel.

Nofel mengakui masih ada masalah dengan TKI kita di luar negeri dan sistem yang harus diperbaiki. Moratorium yang terlalu lama akan berdampak buruk pada ekonomi Indonesia.

"Perbaikan bisa dilakukan sambil berjalan. Kalau moratorium terlalu lama pengangguran akan terus bertambah. Dengan moratorium justru menjadi masalah baru, para TKI menggunakan jalur ilegal," ungkap Nofel. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP