Ceko Jajaki Peluang Bisnis di Indonesia

Penandatanganan kerja sama Republik Ceko dan RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Pemerintah Republik Ceko ingin meningkatkan hubungan kerja sama perdagangan dengan Indonesia. Mereka tengah membidik sektor usaha Indonesia yang bisa dimasuki.

Indonesia-UEA Segera Pererat Kerja Sama Ekonomi, Ini Manfaatnya

"Kerja sama perdagangan mau ditingkatkan karena kami juga ingin membuka pasar," kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani, dalam acara "Indonesian-Czech Business Seminar" di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, Kamis 25 Februari 2016.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Shinta Widjaja Kamdani menambahkan, Ceko telah melihat beberapa sektor usaha yang bisa dimasuki, seperti sektor teknologi dan informasi dan pengembangan energi terbarukan.

Menko Airlangga Dijadwalkan Bertemu PM Lee di Singapura, Bahas Apa?

"Tetapi, investasi existing mereka hampir tidak ada," kata Shinta.

Dalam acara ini, Ceko mempromosikan dirinya kepada Indonesia, mengenai peluang-peluang bisnis yang bisa dimasuki pengusaha Indonesia. Indonesia juga memaparkan kondisi bisnis nasional yang bisa digarap Ceko.

Bertemu Menlu Singapura, Airlangga Bahas KEK hingga Potensi Investasi

"Ini lebih (terlihat) sebagai upaya business to business supaya bisa kenalan dan lebih mengetahui negara masing-masing," kata dia.

Shinta mengharapkan, Ceko menanamkan modalnya di sektor usaha yang berteknologi tinggi. Begitu pula, dengan pengusaha Indonesia yang menginginkan bisa memasok barang non komoditas, seperti kerajinan usaha kecil menengah ke Ceko dan negara-negara kawasan Eropa Timur lainnya.

"(Kami ingin produk kita merambah) pasar Ceko, tetapi juga bisa masuk ke Eropa Timur. Kalau ke Ceko, pasarnya kecil sekali," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya