HM Sampoerna Catat Rekor Pelepasan Saham Terbanyak se-ASEAN

Gedung Sampoerna Strategic.
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVA.co.id - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) memenangkan penghargaan global dari perusahaan media massa  dan informasi  internasional, Thomson Reuters. Perusahaan rokok ini dianugerahi penghargaan International Financing Review (IFR) Asia Award 2015 dalam kategori Indonesia Capital Markets Deal.

Thomson Reuters menyampaikan, penghargaan diberikan pada Sampoerna lantaran kesuksesan penawaran umum terbatas (PUT) dalam rangka hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD)  yang mencapai Rp20,768 triliun

"Menerbitkan penawaran ekuitas yang cukup besar di negara yang indikator makroekonomi dan mata uangnya tengah mengalami pelemahan adalah prestasi yang luar biasa," ujar lembaga tersebut melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 26 Februari 2016.

Director of Finance Sampoerna, Michael Sandritter mengungkapkan, PUT yang diselesaikan pada November 2015 merupakan pelepasan saham terbesar di sepanjang sejarah di Asia Tenggara, dan penawaran ekuitas terbesar di Indonesia sejak tahun 2008.

"PUT telah menarik investor dalam maupun luar negeri, terutama dengan modal dari investor luar negeri yang kemudian dikonversi menjadi arus masuk mata uang asing ke dalam negeri. Hal ini tentunya menunjukkan kepercayaan terhadap perekonomian Indonesia dan juga pasar saham," tuturnya.

Saat ini, Sampoerna telah menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia senilai Rp 504,23 triliun per 22 Februari 2016. Selain itu, Sampoerna juga menjadi perusahaan pembayar pajak terbesar di Indonesia.

"Manajemen perusahaan yang kuat di Indonesia, kemampuan perusahaan untuk bertahan dalam bisnis, dan masuknya perusahaan dalam indeks acuan lokal membuat saham Sampoerna menjadi yang paling diminati investor lokal dan internasional, serta membuka jalan untuk penetapan harga premium," ujar Thomson Reuters.

Sebelumnya, pada bulan Januari 2016, Sampoerna juga menerima penghargaan Finance Asia Achievement Award 2015 dalam kategori Best Indonesia Deal.

Kinerja Pasar Modal Awal Kuartal III Lampaui Ekspektasi
Seorang karyawan BEI mengamati layar indek saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah

Jumlah investor baru satu persen dari total jumlah penduduk indonesia.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016