Pentingnya Asuransi Kerugian Untuk Bisnis Properti

Ilustrasi harga properti
Sumber :
  • Dokumentasi Rumahku.com

VIVA.co.id - Pemahaman kebanyakan orang mengenai asuransi kerugian dan manfaatnya dinilai masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan asuransi jiwa, pendidikan dan sebagainya.

Tips Jadi Pemain Baru di Sektor Properti

Padahal asuransi kerugian memiliki peranan penting bagi para pelaku usaha, tak terkecuali bagi bisnis properti, untuk sedikit meminimalisasi risiko. 

Manager Retail & Commercial GMT Commercial, Agnes Juwita mengatakan, asuransi kerugian merupakan usaha atau cara memberikan jasa dalam hal menanggung resiko atas kerugian, manfaat, kehilangan pada pihak ketiga yang mengalami peristiwa atau kejadian yang belum pasti di masa mendatang.
Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru

"Mengacu pada karakteristik asuransinya, lebih bersifat antisipasi terhadap ketidakpastian. Untuk pelaku bisnis khususnya di sektor properti sangat penting melakukan proteksi terhadap aset mereka," ungkap Agnes, Jakarta, Senin 29 Februari 2016. 
Pengembang Malaysia Garap Properti di Maja Rp11,29 Triliun

Menurut Agnes pemahaman tentang asuransi kerugian sangat bermanfaat secara praktis bagi pelaku bisnis properti baik untuk pemilik, kontraktor maupun pengelola. Dengan pemahaman yang cukup dapat pula menjadi acuan untuk memilih perusahaan jasa asuransi kerugian yang kompeten. 

"Asuransi kerugian secara strategis dapat menjadi salah satu pertahanan terakhir di bisnis properti," ungkapnya. 

Sementara itu, Konsultan dan pakar di bidang asuransi kerugian, Enoch Setiawan menjelaskan, para pengelola bisnis properti memerlukan pemahaman awal dan jelas mengenai prinsip-prinsip dalam asuransi kerugian, yaitu at must good faith  atau masing-masing memiliki itikad yang baik dalam menjalin hubungan kerjasama, baik dari sisi penyedia layanan jasa asuransi termasuk broker dan agent serta pengguna. 

"Secara umum biasanya prinsip itu tercermin dalam perjanjian (wording) yang melandasi kerjasama, untuk itu sangat diperlukan pemahaman yang cukup," ujar Enoch. 

Dia melanjutkan, beberapa prinsip lain yang menjadi landasan kerjasama antara lain reinstatement atau pemulihan nilai/fungsi, indeminity, repairmen serta replacement

"Secara aplikatif, prinsip-prinsip asuransi kerugian dapat menjadi acuan dalam penyelesaian kasus klaim dan variannya pada praktek bisnis," tambahnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya