Tingkatkan Kinerja, Pelni Gandeng Delapan BUMN

Kapal Pelni
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0
- Dalam rangka mendukung sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT. Pelni (Persero) juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan delapan perusahaan pelat merah.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN
Kedelapan perusahaan pelat merah yang dimaksud adalah Banda Ghara Reksa, Brantas Abipraya, Indah Karya, Surveyor Indonesia Sucofindo, Perum Badan Urusan Logistik, Semen Indonesia dan PT. Pertamina. 

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Direktur Utama Pelni, Elfien Goentoro mengatakan, dalam penandatanganan ini sinergi BUMN ini merupakan bentuk upaya perseroan untuk mengakselerasi kinerja sebagai perusahaan pelayaran.

"Sinergi BUMN untuk akselerasi, Pelni sebagai perusahaan yang juga berfungi sebagai pengangkutan logistik," kata Elfien di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2016. 

Dia mengatakan, selama ini sinergi dengan perusahaan pelat merah lainnya seperti Semen Indonesia, Pupuk Indonesia, Perusahaan Gas Negara, Bulog serta perusahaan BUMN lainnya terus bersinergi untuk pengangkutan barang di dalam negeri.

"Bulog  sudah kami angkut kirim ke Natuna, ke daerah yang susah datangnya kapal, ini beberapa BUMN dalam rangka sinergi untuk logistik," ujarnya menambahkan.

Selain itu, dengan Indah karya, pihaknya juga akan bekerjasama untuk pengeloaan membangun rumah sakit. Lebih, untuk Memorandum of Understanding dengan Sucofindo, pihaknya bekerjasama dalam rangka mengawasi dan memonitor bahan bakar minyak (BBM) Pertamina masuk ke dalam tangki kapal Pelni.

"Ini juga bagaimana kita melakukan survei dalam rangka kepuasan pelanggan," kata dia.

Lebih lanjut dia berharap ke depan akan bisa dijalin kerja sama dengan pihak perbankan, misalnya PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, dan PT Bank Mandiri Tbk. Menurutnya dengan adanya kerja sama ini diharapkan semua transaksi di bidang pelayaran akan lebih mudah. 

"BNI dan Mandiri agar bisa nantinya kami bekerja sama untuk elektronik banking," kata dia. 

Berikut daftar penandatanganan MoU antara Pelni dengan delapan BUMN hari ini:

1. Pelni dengan Bhana Ghara Reksa, MoU sinergi BUMN dalam bidang pengangkutan logistik.

2. Pelni dengan Brantas Abipraya, MoU sinergi BUMN dalam bidang pembangunan Rumah Sakit Pelni.

3. Pelni dengan Indah Karya, MoU sinergi BUMN dalam bidang pengelolaan Rumah Sakit.

4. Pelni dengan Surveyor Indonesia, MoU sinergi BUMN dalam bidang kegiatan jasa survei, inspeksi dan konsultasi di bidang usaha pelayaran kapal.

5. Pelni dengan Sucofindo MoU, sinergi BUMN dalam bidang kerja sama bidak inspeksi dan audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultasi dan pelatihan. Pada kegiatan operasional Pelni.

6. Pelni dengan Bulog, MoU sinergi BUMN dalam bidang pengangkutan komoditas pangan dengan menggunakan kapal laut milik Pelni dalam rangka Tol Laut.

7. Pelni dengan Semen Indonesia, MoU sinergi BUMN dalam bidang penyediaan jasa angkutan laut untuk pengangkutan semen atau bahan baku semen.

8. Pelni dengan Pertamina, MoU sinergi BUMN dalam bidang sentralisasi pembayaran (Auto collection) dalam pembelian produk BBM.

(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya