Ini Kunci Peningkatan Daya Saing Produk Tekstil Indonesia

Produksi Tekstil Menurun.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Keberadaan pusat logistik berikat (PLB) dibutuhkan bagi industri, khususnya bidang usaha tekstil. Sebab, bisa memangkas rantai pasok (supply chain) bahan baku tekstil, sehingga biaya logistiknya bisa ditekan.

63 Ribu Buruh Pabrik Tekstil Terancam PHK, Ini Kata Apindo
 
Industri tekstil Indonesia pun bisa menjadi lebih kompetitif dan berdaya saing jika dibandingkan dengan negara-negara lain yang memproduksi produk ini. 
Jokowi: Produksi di Sini, Tapi Gudang Bahan di Luar Negeri
 
Ketua Harian Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto mencontohkan, kapas misalnya, bahan baku industri tekstil itu masih dipasok dari negara lain seperti Pakistan. 
Ikuti Jokowi, Perusahaan Ini Tarik Barang di Luar Negeri
 
Dengan adanya PLB, impor bisa dilakukan secara langsung. Tidak harus melalui perantara di negara lain. 
 
"Kapas itu distok oleh trader di Singapura dan Malaysia," kata Mahendra dalam diskusi "Media Briefing Prediksi Industri Logistik Indonesia 2016” di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu 2 Maret 2016. 
 
Biaya produksi yang dikeluarkan industri juga bisa lebih ditekan, karena tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya perizinan lainnya seperti saat mengambil bahan baku dari pihak ketiga. 
 
"Berapa kali cost yang dikeluarkan itu?," kata dia.
 
Pemerintah, kata Mahendra, melihat ada peluang untuk menghemat devisa, apabila rantai pasok tersebut itu dipangkas. Karena itu dibuatkan kebijakan tentang PLB.
 
Dengan begitu, bahan mentah industri tekstil bisa disimpan di gudang di kawasan itu dan industri tekstil bisa memperoleh bahan tersebut dengan mudah.
 
"PLB ini mendekatkan petani dengan pabrik dan bisa memotong cost logistik," kata dia.
 
Mahendra mengklaim cara ini cukup ampuh untuk menurunkan biaya logistik dan membuat industri tekstil menjadi lebih kompetitif. "Indonesia pun bisa mengalahkan Bangladesh (sebagai negara produsen tekstil)," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya